Jenis-jenis Tes Kemampuan Numerik

Ada beberapa jenis tes untuk menguji kemampuan numerik. Tes kemampuan numerik atau biasa disebut kemampuan angka secara umum dibagi menjadi lima kategori, yaitu : tes aritmatika, tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

Tes Aritmatika

Tes aritmatika dipakai untuk mengungkap, mengukur dan mengevaluasi intelektual seseorang terutama kemampuan penalaran berhitungdan berpikir secara logis. Dengan demikian ia dapat memecahkan masalah yang bervariasi dan mengarahkan suatu masalah yang sesuai dengan cepat dan tepat.” (M Sutanto, 2009). Tes aritmatika digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang, terutama dalam hal menghitung secara cepat, tepat dan benar dari suatu susunan angka. Tes ini berhubungan dengan emosi dan mental seseorang. Seseorang yang kurang berminat pada angka-angka biasanya akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal ini. Tes ini sangat membutuhkan ketelitian, kecermatan dan ketenangan dalam mengerakannya.

Tes Seri Angka

Tes seri angka adalah tes yang digunakan untuk menukur kemampuan kecerdasan seseorang dalam memecahkan suatu permaslahan berdasarkan sejumlah bilangan serta menarik kesimpulan secara, cepat dan logis. Setiap soal dalam bagian tes deret angka ini terdiri dari deretan angka yang belum selesai. Setiap deret angka terdiri dari satu pola atau lebih dan tugas peserta adalah mencari angka yang hilang dari pola tersebut.

Tes Seri Huruf

Tes seri huruf sebenarnya identic dengan tes seri angka, namun dalam tes ini ditunjukkan persoalan dalam sejumlah huruf bukan angka.

Angka Tes Logika

Tes logika angka ini digunakan untuk kemamuan analitis dan berpikir kritis seseorang dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan angka.

Tes Angka dalam Cerita

Tes angka dalam cerita adalah tes yang digunakan untuk mengukur kecerdasar dan kecermatan seseorang dlam menganalisis permasalahan berua angka dalam sebuah cerita. Dalam mengerjakan tes ini sangat membutuhkan kecermatan dan ketelitian.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال