Pengertian Prestasi Belajar Matematika

Prestasi belajar matematika menurut Ferryansyah (2011) adalah hasil yang telah dicapai setelah melakukan proses pembelajaran matematika. Hal tersebut selaras dengan pendapat Nasution (2007), yang menyatakan bahwa prestasi belajar matematika adalah skor yang mencerminkan penguasaan matematika di sekolah yang telah menempuh proses belajar dan diukur dengan tes. Begitupun menurut Astuti & Leonard (2015) yang mengatakan bahwa: prestasi belajar matematika adalah hasil yang diperoleh peserta didik dari proses pembelajaran matematika yaitu meliputi proses perubahan tingkah laku yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan terutama penguasaan bahan belajar Matematika.

Prestasi belajar matematika mencerminkan tolak ukur sejauh mana pencapaian atau keberhasilan belajar matematika yang diperoleh melalui proses belajar. Suhendri (2013) menyatakan bahwa: Prestasi belajar matematika adalah puncak dari kegiatan belajar yang berupa perubahan dalam bentuk kognitif, afektif, dan psikomotrik dalam hal kemampuan bilangan, bangun, hubungan-hubungan konsep dan logika yang berkesinambungan serta dapat diukur dan diamati.

Hal ini sejalan dengan yang diungkapkan oleh Hartati (2013) yang mengatakan bahwa: prestasi belajar matematika adalah hasil akhir yang dimiliki oleh siswa berupa kemampuan-kemampuan dalam menguasai, memahami konsep dalam pelajaran matematika sebagai ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep±konsep yang berhubungan satu sama lainnya yang menggunakan istilah serta didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai kehidupan setelah melalui proses belajar.

Sementara itu, Supardi (2013) mengatakan bahwa prestasi belajar matematika merupakan indikator untuk mengukur keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran matematika. Keberhasilan dalam proses pembelajaran merupakan tujuan pengajaran yang diharapkan semua peserta didik. Kegiatan tersebut melibatkan siswa, guru, materi pelajaran, metode pengajaran, kurikulum dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa serta didukung oleh lingkungan belajar-mengajar yang kondusif.

Berdasarkan pendapat beberapa ahli di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika adalah tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran matematika yang telah diperoleh dari hasil tes belajar dan dinyatakan dalam bentuk skor. Prestasi belajar matematika juga menunjukkan sejauh mana keberhasilan siswa dalam menguasai pelajaran matematika.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال