Pengertian Kemampuan Logika Abstrak

Pengertian logika menurut Poespoprodjo dan Gilarso (1989) adalah ilmu, kecakapan menalar, dan berfikir dengan tepat. Menurut Soedomo Hadi (2004) mengatakan bahwa Logika adalah ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berfikir dengan lurus dan benar. Sedangkan pengertian abstrak menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) abstrak berarti tidak berwujud, tidak berbentuk, mujarad, niskala. Dari pengertian tersebut, kemampuan logika abstrak adalah kesanggupan, kecakapan, kekuatan berfikir rasional logis tanpa bahasa.

Untuk mengetahui kemampuan logika abstrak seseorang digunakan tes kemampuan logika abstrak. Orang-orang yang pandai memecahkan kesulitankesulitan, ahli kimia, ahli fisika, atau ahli biologi berusaha untuk memahami suatu proses yang tidak tampak, programmer merencanakan pekerjaan komputer, kesemuanya menemukan kemampuan ini. Dalam hal ini yang terpenting adalah pelaksanaan suatu prosedur yang logis dalam pikiran seseorang.

Dewa Ketut Sukardi (2004) mengatakan bahwa tes logika abstrak dimaksudkan sebagai instrument non-verbal yang mengungkap kemampuan penalaran siswa. Rangkaian ini disajikan dalam masing-masing persoalan yang memerlukan persepsi pengoperasian prinsip. Misalnya siswa harus menemukan asas-asas atau prinsip-prinsip yang menentukan perubahan gambar-gambar dan memberikan tanda-tanda atau petunjuk-peunjuk yang dipahaminya dengan menunjukkan diagram-diagram yang seharusnya diikuti secara logis.

Tes logika abstrak ini akan dapat menungkapkan bagaimana baiknya seseorang memahami ide-ide yang tidak dinyatakan dengan kata-kata dan bagaimana baiknya seseorang dapat memikirkan masalah-masalah sekalipun tanpa petunjuk yang berbentuk kata-kata. Mengungkap bagaimana seseorang dapat menalar dengan mudah dan jelas bila masalah yang diajukan dengan ukuran, bentuk, atau potongan, atau posisi atau jumlah atau bentuk-bentuk non verbal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال