Cara Skoring Tes PAPI Kostick

Cara Skoring PAPI Kostick yaitu dengan mengisi kotak pada lembar jawaban dari masing-masing faktor yang diukur. Caranya adalah dengan menjumlahkan tanda panah yang dilingkari oleh testee, kemudian diisikan menuju ke arah kotak tersebut. Cara untuk mengetahui total skor yang diisikan sudah benar adalah dengan menjumlahkan angka yang telah dimasukkan ke dalam kotak yang terletak di atas dan di bawah lembar jawaban, dengan menjumlahkan skor dari faktor-faktor yang berkedudukan sejajar dengan kotak tersebut. Bila penjumlahannya benar, jumlah total pada kotak atas adalah 45, begitu juga dengan yang di kotak bagian bawah. Jadi, jumlah keseluruhan harus 90, sesuai dengan jumlah nomor soal.

Langkah berikutnya yaitu dengan memindahkan skor yang terdapat pada masing-masing faktor yang diukur. Skor-skor yang terdapat pada lembar jawaban tersebut dipindahkan ke lembar diagram, sesuai dengan faktor yang ada, yaitu dengan cara melingkari skor pada faktor yang diukur. Langkah terakhir yaitu dengan cara menghubungkan seluruh lingkaran tersebut sehingga data siap diinterpretasi.

Cara skoring manual tes PAPI Kostick berikut ini:

  1. Melihat skor yang berseberangan antar faktor dalam lembar diagram
  2. Melihat faktor yang bersebelahan
  3. Melihat faktor yang sama-sama menonjol tinggi dan sama-sama menonjol rendah
  4. Melihat faktor yang relevan (misalnya testee yang memiliki skor faktor I/kesantaian dalam mengambil keputusan yang rendah biasanya memiliki skor faktor R/tipe teoretis yang tinggi),
  5. melihat linkage (misalnya skor faktor L/kepemimpinan yang tinggi dan skor faktor P/kebutuhan untuk mengontrol orang lain yang rendah, memiliki makna bukan pemimpin alami tetapi merasa dituntut untuk menunjukkan kepemimpinan)
  6. Melihat 3 area pada semua faktor yang ada, yaitu area optimal, acceptance, dan development. Area ini adalah jenis rekomendasi atau kesimpulan untuk testee.

Saat ini sudah tersedia Aplikasi Psikotes PAPI Kostick online yang sangat memudahkan dalam pelaksaan tes. Mulai dari pelaksanaan tes, hingga laporan hasil tes berupa psikogram. Sehingga sebagai seorang tester tidak perlu lagi melakukan skoring, karena sistem telah melakukannya secara otomatis.

Tertarik menggunakan Aplikasi Psikotes PAPI Kostick Online? Anda dapat melakukan uji cobanya disini…!!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال