Reliabilitas dan Validitas Tes PAPI Kostick

Sebuah alat dapat dipercaya jika memiliki hasil tes yang valid dan reliabel. Jika sebuah alat tidak memiliki validitas dan reliabilitas, berarti alat tes tersebut tidak layak digunakan sebagai alat tes. Jangan coba-coba menggunakan alat tes yang tidak valid dan tidak reliabel, karena akan menghasilkan kesimpulan yang tidak dapat dipercaya.

Tes PAPI Kosctick memiliki validitas dan reliabilitas yang terpercaya. Seperti data di bawah ini.

Reliabilitas PAPI-Kostick

PAPI-Kostick memiliki reliabilitas yang baik untuk faktor-faktor role 0,80 (N=143) dan need 0,78 (N=143). Reliabilitas tersebut dilakukan dengan metode test re-test. Pada penelitian berikutnya ditemukan koefisien reliabilitas 0,62-0,91 (N=100). Reliabilitas dilakukan dengan metode konsistensi internal pada semua faktor PAPIKostick, sehingga menghasilkan koefisien alfa 0,71-0,90 , khusus untuk faktor K dan faktor P koefisien alfa-nya 0,6-0,7 (Cartwright, 2011).

Validitas PAPI-Kostick

PAPI-Kostick memiliki validitas yang baik. Manual teknis PAPIKostick menunjukkan catatan yang sangat detail tentang analisis item versi 1996 PAPI-Kostick. Hal itu memberikan bukti yang kuat tentang validitas isi PAPI-Kostick (Cartwright, 2011). Ada 2 penelitian tentang PAPI-Kostick yang telah dilakukan untuk menguji validitas konstruk.

Penelitian yang pertama dilakukan dengan sampel 98 orang (67 orang dari perusahaan asuransi dan 31 orang dari kantor penyedia mebel). Kepada sampel diberikan tes PAPI-Kostick sekaligus OPQ32. Hasilnya, 20 faktor PAPI-Kostick semuanya berkorelasi dengan skala OPQ, 15 skala memiliki nilai korelasi diatas 0,5 (p=0,01). Pada penelitian kedua menunjukkan hubungan positif antara PAPI-Kostick dan 33 item kuisioner dari penelitian yang mengukur kecerdasan emosional. Ada 18 korelasi yang signifikan, 8 diantaranya masuk pada  taraf signifikansi 0,01 (Cartwright, 2011). Pengukuran validitas di sini menggunakan PAPI-Kostick versi normatif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال