Peranan Gastropoda

Gastropoda merupakan salah satu hewan yang memiliki peranan penting di dalam ekosistem. Hal tersebut berdasarkan Barnes (1963) dalam Mardatila (2016) yang mengatakan “Gastropoda merupakan salah satu kelompok hewan dasar yang memegang peranan penting dalam ekosistem darat maupun akuatik yaitu sebagai konsumen primer (Herbivora) dan konsumen sekunder (Karnivora)”. Selain itu menurut Arianti et al (2013) dalam Rosadi, dkk (2016) mengatakan bahwa Gastropoda juga memiliki peranan penting bagi lingkungan perairan, yaitu sebagai indikator kualitas perairan.

Menurut Jonasson (1978) dalam Mardatila (2016) mengatakan “Peran penting Gastropoda lainnya membantu proses dekomposisi material organik secara mekanis melalui aktivitas makannya”. Gastropoda juga memiliki peran penting dalam rantai trofik. Sebagaimana Brown (2001) dalam Andrianna (2016) mengatakan “Gastropoda memiliki peran yang penting dalam rantai trofik suatu perairan. Dalam rantai trofik Gastropoda menempati mata rantai grazer dan detritivore. Sebagai grazer, maka makin tinggi kelimpahan Gastropoda akan mengurangi blooming alga. Sebaliknya, makin sedikit kelimpahan Gastropoda maka makin banyak pula alga yang hidup”.

Selain dapat menjadi indikator suatu perairan, gastropoda juga memiliki peranan penting dalam berbagai macam ekosistem salah satunya ekosistem padang lamun. Sebagaimana menurut Sianu, dkk (2014) mengatakan peranan Gastropoda pada ekosistem lamun berikut ini:

Dimana biomassa epifit yang menempel pada daun lamun akan dimanfaatkan oleh Gastropoda tree fauna sebagai sumber makanan dan protein, sehingga kehadiran Gastropoda sangat berguna bagi lamun. Selain itu Gastropoda sangat bermanfaat terhadap pertumbuhan padang lamun dalam melakukan proses fotosintesis, Gastropoda merupakam salah satu kelas dari Moluska yang diketahui berasosiasi dengan baik terhadap ekosistem lamun. Komunitas Gastropoda merupakan komponen yang penting dalam rantai makanan di padang lamun, dimana Gastropoda merupakan hewan dasar pemakan detritus (detritusfeeder) dan serasah dari daun lamun yang jatuh dan mensirkulasi zat-zat yang tersuspensi di dalam air guna mendapatkan makanan.

Peranan gastropoda tidak hanya menguntungkan bagi ekosistem, tetapi dapat ditinjau pula dari segi ekonomi. Menurut Nontji (2007) mengatakan bahwa jika dilihat dari segi ekonomi Gastropoda yang berukuran besar seperti Syrinx aruanus dan Charonia tritonus banyak dijadikan sebagai hiasan yang mahal karena kulit cangkang bagian dalam seperti mutiara sehingga banyak diincar oleh banyak orang. Selain itu Conus gloria maris termasuk Gatropoda langka yang harganya dapat mencapai ratusan ribu per ekor yang banyak dijadikan hiasan karena cangkangnya yang indah dan termasuk keong termahal di dunia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال