Habitat Gastropoda

Habitat Gastropoda dapat ditemui hampir semua ekosistem laut. Gastropoda banyak terdapat pada terumbu karang. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fisik dan kimia pada masing-masing daerah. Nyabakken (2001) mengemukakan bahwa dari semua pantai berbatu yang tersusun dari bahan keras merupakan daerah yang paling padat mikroorganismenya dan mempunyai diversitas terbesar baik untuk spesies hewan maupun tumbuhan

Secara umum gastropoda dapat ditemukan di darat, di laut maupun perairan air tawar. Hal tersebut berdasarkan Turra and Denadai (2006) dalam Triwiyanto, dkk (2015) yang mengatakan “Gastropoda merupakan salah satu moluska yang banyak ditemukan di berbagai substrat, hal ini diduga karena Gastropoda memiliki kemampuan adaptasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang lain baik di substrat yang keras maupun lunak”.

Sebagaimana menurut Syafikri (2008) dalam Andrianna (2016) mengatakan bahwa sebagian dari Gastropoda juga hidup di daerah hutan Bakau, ada yang hidupnya di lumpur atau tanah yang tergenang air, ada juga yang menempel pada akar dan batangnya, bahkan adapula yang memiliki kemampuan memanjat. Gastropoda hewan yang dapat dijumpai diberbagai lingkungan sehingga dapat menyesuaikan diri tergantung tempat hidupnya. Hal tersebut berdasarkan Nontji (2007) yang mengatakan “Gastropoda juga dapat dijumpai diberbagai jenis lingkungan dan bentuknya biasanya telah menyesuaikan diri untuk lingkungan tersebut”.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال