Cemas Berlebihan Takut Mati

Cemas berlebihan akan kematian dalam istilah ilmiahnya disebut Thanatophobia. Thanatophobia adalah bentuk kecemasan yang ditandai dengan ketakutan akan kematian atau proses kematian. Hal ini sering disebut sebagai kecemasan kematian. Paling ekstrim, perasaan ini dapat menghentikan orang dari melakukan aktivitas sehari-hari atau bahkan meninggalkan rumah mereka.

Melansir Medical News Today, kondisi thanatophobia mungkin terkait dengan depresi atau gangguan kecemasan lainnya, seperti:

Post-traumatic stress disorder atau PTSD, Gangguan panik dan serangan panik, Penyakit gangguan kecemasan, sebelumnya dikenal dengan hipokondriasis.

Gejalanya mungkin datang dan pergi sesuai dengan kondisi penderitanya. Tetapi jika kecemasan ini muncul dapat mengakibatkan orang tersebut menarik diri dari pergaulan sosialnya, tidak mengerjakan aktivitas keseharian yang biasa dilakukan, bahkan ketakutannya sangat mengganggu.

Kecemasan akan kematan (Thanatophobia) dapat dilakukan pengobatan dan perawatan dengan beberapa teknik berikut ini:

Terapi Perilaku Kognitif

Terapi perilaku kognitif adalah pengobatan yang efektif untuk banyak kondisi kecemasan dan gejala thanatophobia. Selama sesi terapi, Moms dan terapis akan bekerja sama untuk menentukan penyebab kecemasan dan fokus untuk menciptakan solusi praktis untuk masalah. Tujuannya adalah untuk akhirnya mengubah pola pikir Moms dan menenangkan pikiran ketika menghadapi pembicaraan tentang kematian atau kematian.

Teknik Relaksasi

Teknik meditasi, pencitraan, dan pernapasan dapat membantu mengurangi gejala fisik yang timbul ketika thanatophobia terjadi. Seiring waktu, teknik relakasasi juga dapat membantu Moms mengurangi ketakutan tersebut secara umum. Di samping itu, Moms juga harus menghindari alkohol dan kafein, tidur yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi.

Psikoterapi

Bercerita mengenai apa yang Moms alami atau rasakan pada terapis dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. Dalam psikoterapi, terapis juga akan membantu Moms mempelajari cara untuk mengatasi perasaan ketika fobia ini muncul.

Pengobatan

Penyedia layanan kesehatan mungkin meresepkan obat untuk mengurangi kecemasan dan perasaan panik yang umum terjadi pada fobia. Namun, obat jarang menjadi solusi jangka panjang. Ini dapat digunakan untuk waktu yang singkat dalam kombinasi dengan terapi.