SKALA BDI (Beck Depression Inventory)

 

Skala BDI adalah salah satu alat tes untuk mengukur tingkat depresi. Skala ini disusun oleh peneliti berdasarkan modifikasi Beck Depression Inventory (BDI) oleh Dr. Aaron T. Beck (1961), kemudian direvisi pada tahun 1971, mulai dipublikasikan pada tahun 1978 dan pada akhirnya direvisi kembali menjadi Beck Depression Inventory II (BDI-2) yang dikembangkan Beck, Ward, Mendelson, Mock dan Erbaugh pada 1996 dengan jumlah aitem 21 butir pertanyaan dalam bentuk multiple choice (Groth-Marnat, 2003).

Saat ini yang banyak dipakai khususnya di Indonesia adalah skala BDI-2. Skala ini sangat simple dan mudah digunakan.Soal-soal yang digunakan pun sangat mudah dimengerti. Skala ini telah diuji validitas dan kesahihannya di Indonesia.

Hasil tes skala BDI dibuat dalam skor mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Setiap soal mewakili gejala. Setiap gejala dirangking dalam skala intensitas 4 poin dan nilainya ditambahkan untuk memberi total nilai dari 0-63, nilai yang lebih tinggi mewakili depresi yang lebih berat.

Interpretasi yang digunakan dalam total skor BDI II adalah (Groth-Marnat, 2003) sebaga berikut:

< 4 : Ada kemungkinan menyangkal depresi (faking good)

5-13 : Minimal depresi

14-19 : Depresi ringan

20-28 : Depresi sedang

29-63 : Depresi berat

 Download skala BDI disini… !!!

Atau menggunakan Aplikasi Online Skala BDI disini …!!!

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال