Cara Mengatasi Cemas Berlebihan

 

Pada dasarnya, rasa cemas adalah hal yang normal. Tetapi ada beberapa kondisi, yang membuat seseorang merasa terganggu bahkan sangat terganggu dengan rasa cemasnya. Rasa cemasnya yang berlebihan membuatnya tidak bisa berpikir dan bertingkah laku secara normal.

Teknik utama dan cara paling mudah mengatasi cemas berlebihan adala melakukan teknik relaksasi. Karena pada umumnya, rasa cemas muncul dengan adanya ketegangan yang sumber masalahnya terkadang tidak jelas, atau memperbesar-besar masalah yang sedang dihadapi. Sehingga untuk menurunkan tensi ketegangan tersebut, maka relaksasi adalah teknik utama untuk mengatasinya.

Tehnik relaksasi yang digunakan untuk mengatasi kecemasan adalah relaksasi otot. Relaksasi ini biasa juga disebut relaksasi otot progresif, merupakan salah satu teknik pengelolaan diri yang didasarkan pada cara kerja sistem saraf simpatis dan parasimpatis. Energi dapat dihasilkan ketika kita melakukan relaksasi nafas dalam karena pada saat kita menghembuskan nafas, kita mengeluarkan zat karbon dioksida sebagai kotoran hasil pembakaran dan ketika kita menghirup kembali, oksigen yang diperlukan tubuh untuk membersihkan darah masuk (Resti, 2014). Indikasi dilakukannya teknik relaksasi otot progresif adalah pada seseorang yang mengalami insomnia, sering stres, mengalami kecemasan dan mengalami depresi (Herodes, 2010, dalam Arsy & Listyarini, 2021).

Efek relaksasi nafas dapat membuat merasa rileks dan tenang. Relaksasib nafas adalah pernafasan abdomen dengan frekuensi lambat atau perlahan, berirama, dan nyaman yang dilakukan dengan memejamkan mata.Teknik relaksasi meliputi berbagai metode perlambatan bawah tubuh dan pikiran (Setyoadi & Kushariyadi, 2011). Relaksasi merupakan keadaan dimana tubuh dan pikiran merasa nyaman, tenang, rileks, terkontrol, dan jauh dari ketegangan (Audah & Faiza, 2011).

Menurut Wilk dan Turkoski (2012) menyatakan bahwa latihan relaksasi otot progresif mampu menurunkan tingkat stres, tekanan darah, dan denyut jantung pada pasien rehabilitasi jantung. Lestari & Yuswiyanti (2015) menyatakan relaksasi otot progresif sangat efektif dalam menurunkan tingkat kecemasan dan stress pasien. Penelitian yang dilakukan oleh Arisjulyanto (2017) menunjukan teknik relaksasi otot progresif merupakan terapi alternatif yang mudah dan mampu menurunkan stress dan tekanan darah tinggi. Penelitian ini didukung juga oleh penelitian (Lestari & Yuswiyanti (2015) menunjukan bahwa teknik relaksasi otot progresif mempu menurunkan kecemasan dan stress pasien, sehinggi teknik relaksasi ini sangat dianjurkan untuk dilaksanakkan dalam menangani masalah stress. Penelitian Ilmi, Dewi, & Rasni (2017) menyatakan bahwa teknik relaksasi mampu menurunkan stress.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, cara mengatasi cemas berlebihan adalah dengan tetap merasa rileks, atau jika rasa cemas terus mengganggu, lakukan teknik relaksasi otot. Banyak teknik relaksasi otot yang dapat dilakukan secara mudah baik dirumah, dikantor atau didalam kamar sekalipun. Tarik napas secara teratur, dan melupakan masalah sejenak. Terkadang, sebagian orang mendengarkan music yang soft, untuk membantu merasa rileks. Sebagian lainnya dengan menggunakan aroma terapi untuk membantunya merasa rileks.

Jadi banyak cara untuk mengatasi kecemasan yang pada dasarnya untuk mengurangi rasa ketegangan. Perasaan yang rileks akan mengghiangkan rasa cemas.

Selamat mencoba…!!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال