Alat Ukur Tingkat Kecemasan

Saat ini telah tersedia beberapa alat ukur kecemasan yang telah terstandarisasi (validitas dan reliabilitas terjamin). Alat ukur kecemasan ini untuk  mengetahui  sejauh  mana  derajat  kecemasan seseorang dapat menggunakan beberapa alat  ukur  (instrumen).

Berikut terdapat lima alat ukur tingkat kecemasan yang sering digunakan dalam pengukuran kecemasan:

Hamilton Rating Scale for Anxiety (Skala HARS)

HRS-A (Hamilton Rating  Scale  for  Anxiety),  yang  terdiri atas 14 gejala yaitu perasaan  cemas, ketegangan,  ketakutan, gangguan tidur, gangguan kecerdasan, perasaan  depresi, gejala otot, gejala sensori, gejala kardiovaskuler, gejala respirasi, gejala gastrointestinal, gejala urogenital, gejala otonom, tingkah laku. Cara penilaian HRS-A dengan sistem skoring, yaitu: skor 0  = tidak ada  gejala,  skor  1  =  ringan  (satu  gejala),  skor 2 = sedang  (dua gejala), skor 3 = berat (lebih dari dua gejala), skor  4 = sangat berat (semua  gejala). Bila skor < 14 = tidak kecemasan, skor 14-20 = cemas ringan, skor 21-27 = cemas sedang, skor 28-41 = cemas berat, skor 42-56 = panik. Baca lebih lanjut Skala HARS disini.

Visual Analoge Scale for Anxiety (VAS-A)

VAS didasarkan pada skala 100 mm berupa  garis horisontal, dimana ujung sebelah kiri menunjukkan tidak ada kecemasan dan ujung sebelah kanan menandakan kecemasan maksimal (Kindler et al, 2000). Skala VAS dalam bentuk horisontal terbukti menghasilkan distribusi yang lebih seragam dan lebih sensitif (William et al, 2010). Responden diminta memberi tanda pada sebuah garis horisontal tersebut kemudian dilakukan penilaian.

Zung Self-rating Anxiety Scale (ZSAS)

Zung Self-rating Anxiety Scale (ZSAS) adalah kuesioner yang digunakan untuk mengukur gejala-gejala yang berkaitan dengan kecemasan. Kuesioner ini didesain untuk mencatat adanya kecemasan dan menilai kuantitas tingkat kecemasan. Zung telah mengevaluasi validitas dan reliabilitasnya dan hasilnya baik. Penelitian menunjukkan bahwa konsistensi internalnya pada sampel psikiatrik dan non-psikiatrik adekuat dengan korelasi keseluruhan butir-butir pertanyaan yang baik dan reliabilitas uji yang baik. Kuesioner ini mengandung 20 pertanyaan, terdapat 15 pertanyaan kearah peningkatan kecemasan dan 5 pertanyaan kearah penurunan kecemasan.

Setiap butir pertanyaan dinilai berdasarkan frekuensi dan durasi gejala yang timbul: (1) jarang atau tidak pernah sama sekali, (2) kadangkadang, (3) sering, dan (4) hampir selalu mengalami gejala tersebut. Total dari skor pada tiap pertanyaan maksimal 80 dan minimal 20, skor yang tinggi mengindikasikan tingkat kecemasan yang tinggi. Zung Self-rating Anxiety Scale (ZSAS) telah digunakan secara luas sebagai alat skrining kecemasan.

Spileberg State Trait Anxiety Inventory (STAI)

Diperkenalkan oleh Spielberg pada tahun 1983. Kuesioner ini terdiri dari 40 pertanyaan mengenai perasaan seseorang yang digunakan untuk mengukur tingkat kecemasan seseorang yang dirasakan saat ini dan kecemasan yang dirasakan selama ini.

Visual Numeric Rating Scale of Anxiety (VNRS-A)

Pasien diminta menyatakan menggambarkan seberapa besar kecemasan yang dirasakan. VNRS-A menggunakan skala dari angka 0 (nol) sampai 10 (sepuluh), dimana 0 menunjukan tidak cemas, 1-3 cemas ringan,  4-6  cemas  sedang, 7-9  cemas berat, dan 10 menunjukan tingkat panik (Fajriati, 2013; Liza, 2014).

Demikian alat ukur kecemasan yang bisa dipakai dalam mengukur kecemasan. Tentunya masih banyak alat ukur kecemasan lainnya yang dapat digunakan. Tentunya sebelum menggunakan, harus memeriksa validitas dan reliabilitas alat tersebut.