Home » » PENILAIAN DALAM PENDEKATAN FENOMENOLOGI

PENILAIAN DALAM PENDEKATAN FENOMENOLOGI

Perlu dimulai dengan menekankan bahwa fenomenologi adalah salah satu alat dasar penelitian kualitatif. semua peneliti kualitatif, pada beberapa titik dalam penelitian mereka, menerapkan prosedur yang awalnya diidentifikasikan oleh Husser!: penyangkalan dari asumsi, horizontalisation, deskripsi hati-hati dan lengkap, mencari esensi dari fenomena ini. Pada akhirnya, ilmu pengetahuan manusia adalah pencarian pribadi: 'urusan filsuf cukup pribadi'.  Bahkan saat bekerja dalam kelompok atau tim, seorang peneliti kualitatif perlu dibenamkan, dan ditantang oleh, topiknya. De Rivera (1981: 13) telah menyatakan bahwa pendekatannya saya 'sepenuhnya bergantung pada kualitas pribadi peneliti'.
Fenomenologi itu merupakan cara untuk mengetahui bahwa selalu menjadi bagian penting dari budaya manusia. Sebagai spesies penggunaan bahasa dan budaya, kita perlu memiliki cara untuk memperbarui dan membangun kembali bahasa dan budaya kita agar tetap hidup. Kita perlu memiliki beberapa cara untuk sampai ke ujung dari apa yang bisa kita katakan, dengan berusaha menggambarkan dunia semaksimal mungkin. Literatur psikologi fenomenologis tampaknya, pada tingkat yang luar biasa, dihuni oleh studi satu kali.
Ada tiga faktor yang bekerja dalam melakukan penyelidikan:
  1. Penelitian fenomenologis telah terpinggirkan dalam psikologi Amerika Utara dan sains sosial, dengan hasil penelitian yang relatif sedikit dilakukan.
  2. Empirik Husserlian dengan gaya penelitian 'egologis', pribadi dan individual mungkin akan mengarahkan siswa untuk mencari topik di mana mereka dapat dengan jelas menunjukkan bahwa mereka menghasilkan pengetahuan berdasarkan perjalanan investigasi pribadi mereka sendiri
  3. Cara studi paling fenomenologis ditulis untuk publikasi membuat sulit bagi peneliti masa depan untuk mengetahui sejauh mana mereka setuju atau tidak setuju dengan apa yang telah ditemukan.

Referensi
McLoad, John. 2001. Qualitative Research in Counseling and Psychotherapy. Sage Publication

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai