Home » » TIPS MENGATASI PERUT BUNCIT

TIPS MENGATASI PERUT BUNCIT

Tidak ada yang menginginkan perut buncit. Tapi kenyataannya, perut bertambah buncit mengiringi umur. Biasanya akan kelihatan setelah umur 25 tahun keatas. Bahkan, akan bertambah setelah menikah. Ups, jangan menyalahkan pernikahan ya. Yang salah adalah perilaku hidup kita.
Perut yang buncit identik dengan penyakit, kelebihan kolesterol, jantung, dan rasa malas. Perut buncit tidak seksi, bahkan orang dengan perut buncit, ghairah seks cenderung menurun yang mengakibatkan kehidupan rumah tangga kurang “hot” dan harmonis.   Untuk mengatasi perut buncit, kita harus tahu apa yang menyebabkan perut menjadi membuncit. Perut buncit disebabkan oleh penimbunan lemak, protein dan karbohidrat pada perut yang berlehihan, sehingga lama kelamaan lemak, proten dan karbohidrat tersebut terus bertambah, dan jika tidak diatasi, dapat menyebabkan obesitas.
Penimbunan lemak pada perut disebabkan karena jumlah asupan karbohidrat, lemak dan protein berlebihan dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Perlu diketahui bahwa lemak, proten dan karhohidrat diubah oleh tubuh menjadi energi/tenaga yang sebelumnya diubah dalam bentuk glukosa.  Jadi, Lemak, proten dan karbohidrat diubah menjadi glukosa, kemudian menjadi energi.  Perbandingan kandungan energi dalam lemak, karhohidrat, dan protein adalah 8 : 4 : 4 (artinya dalam 1 gram lemak, karhidrat, protein, memiliki perbadingan 8 : 4: 4). Kandungan lemak 2 kali lipat lebih besar dari protein dan karbohidrat.
Ok. Lemak, proten dan karhodirat yang berlebih (tidak menjadi energi) diubah menjadi glikogen (simpanan gula otot). Inilah yang menyebabkan perut buncit. Jadi perut buncit disebabkan karena kelebihan asupan makanan lebih besar dari yang dibutuhkan tubuh untuk mengubahnya menjadi energi.
Sehingga untuk mengurangi dan mengatasi penimbunan kelebihan makanan tersebut serta perut buncit, berikut tips-tipsnya:
Makan dengan Menu Makanan Seimbang
Dulu kita mengenal konsep: “4 SEHAT 5 SEMPURNA”. Tapi motto ini sekarang kurang tepat lagi. Karena sebagian besat orang bukan lagi mengalami kekurangan makanan, tetapi mengalami kelebihan makanan, sehingga berefek pada kegemukan dan perut buncit. Untuk itu pemerintah menggalakkan motto baru “MAKANAN SEIMBANG”.
Makanan seimbang maksudnya, asupan masukan, seimbang dengan kebutuhan tubuh kita. Jumlah energi yang keluar, harus sama dengan jumlah energi yang masuk. Kalau jumlah energi yang keluar lebih sedikit dari asupan makanan, dapat menyebabkan kegemukan atau perut buncit.
SIT UP
Boleh dikatakan bahwa, kelebihan asupan makanan dalam rentang waktu yang lama, yang paling pertama kelihatan dan dapat diamati adalah perut membuncit. Perut yang membuncit dapat diatasi salah satunya adalah dengan melakukan olahraga sit-up.
Olahraga ini sangat mudah dilakukan, tanpa alat pun jadi. Tetapi efeknya pada perut sangat bagus, untuk mengurangi kebuncitan. Cukup 25 kali sit-up setiap hari rutin, bisa mengurangi masalah membesarnya perut ini.
Hindari Makan Malam
Makan pada malam hari, sangat mendukung perut buncit. Karena aktivitas fisik pada malam hari berkurang, sehingga makanan yang masuk, tidak langsung diubah menjadi energi, tetapi langsung menjadi “Simpanan”. Akibatnya, seberapa kalori yang kita makan pada malam hari, langsung menambah derajat kebuncitan. Hindari makan malam hari!
Yang termasuk makan malam adalah makan setelah lewat aktivitas seharian. Sebagian besar orang Indonesia berhenti beraktivitas setelah magrib (sekitar pukul 18.30). Jadi, jika mau makan malam, makan sebelum magrib (berbuka puasa sekalian).
Berpuasa
Puasa juga efektif mengurangi perut buncit. Mengapa? Karena simpanan lemak yang tersimpan dalam otot, akan diambil menjadi sumber tenaga. Artinya mengurangi simpanan diperut. Simpanan diperut berkurang, perut pun jadi sehat.
Saya menganjurkan minimal berpuasa Senin & Kamis. Karena dari 7 hari beraktivitas dalam seminggu, minimal terdapat dua hari yang dipergunakan untuk mereparasi simpanan lemak pada perut. Sehingga orang yang berpuasa senin & kamis, relatif memiliki tubuh yang sehat.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai