Cacing Gelang

Cacing gelang atau Ascaris lumbricoides merupakan salah satu jenis cacing yang masuk kelompok cacing nematode. Cacing gelang merupakan salah satu jenis cacing yang banyak ditemukan di Indonesia.
Hospes dan Nama Penyakit
Satu-satunya hospes definitif Nematoda ini adalah manusia. Penyakit yang disebabkan Nematoda ini disebut Ascariasis atau cacing gelang.
Distribusi Geografis
Karena parasit ini terdapat di seluruh dunia, maka bersifat kosmopolitan. Penyebaran parasit ini terutama berada di daerah tropis yang tingkat kelembabannya cukup tinggi (Hart, 1997). 
Morfologi dan Daur Hidup
Cacing gelang betina panjangnya sampai 20 sampai 35 cm, sedangkan yang jantan panjangnya 15 sampai 31 cm. Pada cacing gelang jantan ujung posteriornya lancip dan melengkung ke arah ventral dilengkapi pepil kecil dan dua buah speculum berukuran 2 mm, sedangkan pada cacing betina bagian posteriornya membulat dan lurus, dan anteriornya tubuhnya terdapat cincin kopulasi, tubuhnya berwarna putih sampai kuning kecoklatan dan diselubungi oleh lapisan kutikula yang bergaris halus. Telur yang dibuahi besarnya 60 x 45 mikron, telur yang tidak dibuahi besarnya 90 x 45 mikron, telur matang berisi larva (embrio), menjadi infektif setelah berada di tanah kurang lebih 3 minggu (Gandahusada, 1998).
Telur yang infektif bila tertelan manusia menetas menjadi larva di usus halus. Larva menembus di dinding usus halus menuju pembuluh darah atau saluran limfe kemudian terbawa oleh darah sampai ke jantung menuju paru-paru. Larva di paru-paru menembus dinding alveolus masuk ke rongga alveolus dan naik ke trakea, dari trakea larva menuju faring dan menimbulkan iritasi yang menyebabkan penderita akan batuk karena adanya rangsangan dari larva ini. Larva di faring tertelan dan terbawa ke esofagus, terakhir sampai di usus halus dan menjadi dewasa. Proses mulai dari telur sampai menjadi cacing dewasa membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan (Onggowaluyo, 2001). 
Aspek Klinis
Cairan tubuh cacing dewasa dapat menimbulkan reaksi toksik sehingga terjadi gejala mirip demam tifoid yang disertai alergi seperti urtikaria, udema di wajah, konjungtivitas, dan iritasi pada alat pernafasan bagian atas. Apabila jumlahnya banyak cacing dewasa dalam usus dapat menimbulkan gangguan gizi, kadang-kadang cacing dewasa juga bermigrasi karena adanya rangsangan, efek dari migrasi ini dapat menimbulkan obstruksi usus, kemudian masuk ke dalam saluran empedu, saluran pankreas dan organ-organ lainnya. Migrasi sering juga menyebabkan cacing dewasa keluar spontan melalui anus, mulut dan hidung (Onggowaluyo, 2001).
Menurut Harian Sriwijaya Post (10 Januari 2003) setiap ekor cacing gelang yang ada di tubuh manusia menghisap 0,04 gram karbohidrat setiap harinya dan bila jumlah cacing ini terlalu banyak maka dapat menyumbat usus dan saluran empedu. 
Diagnosis
Diagnosis dapat dibuat dengan menemukan telur dan cacing dewasa dalam tinja. Telur cacing ini dapat ditemukan dengan mudah pada sediaan basah langsung atau sediaan basah dari sedimen yang sudah dikonsentrasikan. Cacing dewasa dapat ditemukan dengan pemberian antelmintik atau keluar dengan sendirinya melalui mulut karena muntah atau melalui anus bersama tinja (Adam, 1995). 
Pencegahan
Karena penularan Ascariasis (cacing gelang) terutama tergantung dari kontaminasi tanah dengan tinja, penggunaan sanitasi yang baik merupakan tindakan pencegahan yang terpenting. Belum ada cara yang praktis untuk membunuh telur cacing yang terdapat di tanah liat dan lingkungan yang sesuai (Garcia, 1996).

1 Komentar

  1. nice post gan..
    musim hujan sudah datang..antisipasi dini terhadap penyakit cacingan pada anak-anak perlu dilakukan.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال