Pencegahan Kekurangan Vitamin A

Pencegahan kekurangan vitamin A dapat dilakukan untuk mengungari gejela negatif defisiensi vitamin A. Bahan – bahan makanan banyak yang mudah rusak akibat proses pemanasan, tetapi kebutuhan vitamin A dapat terpenuhi dari pola makan sehari – hari yang memenuhi kriteria 4 sehat 5 sempurna. Kebutuhan vitamin A dapat terpenuhi dari semangkuk sayur dan sebutir telur sehari.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Hellen Keller Internasional, LSM yang khusus menangani masalah vitamin A, tercatat bahwa supan vitamin A perempuan Indonesia ternyata sangat rendah hanya 1/3 dari jumlah yang dianjurkan sebesar 500 RE (Retinol Ekivalen) setiap hari. Padahal sumber vitamin A mudah ditemukan di negeri tropis seperti Indonesia.
Hasil penelitian tahun 2001 diketahui bahwa sekitar 40-60% konsumsi vitamin A dari makanan sehari – hari tidak mencukupi sehingga harus dipenuhi dari luar. Salah satunya dengan pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi pada bayi, balita dan ibu nifas. Pada bayi diberikan kapsul biru 2x setahun yaitu setiap bulan Februari dan Agustus dengan dosisi 100.000 IU. Pada balita (12 – 59 bulan) dan ibu nifas diberikan kapsul merah dengan dosis 200.000 IU. Pemberian biasanya di lokasi pos vitamin A, Posyandu, Bidan Desa, dan Puskesmas secara gratis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال