Home » , » INSTRUKSI TES WARTEGG

INSTRUKSI TES WARTEGG

Mengingat ini merupakan tes menggambar, maka diingatkan agar subyek mempergunakan pensil (jenis "HB") dan tidak diperbolehkan menggunakan penghapus, dan penggaris. Sebelum instruksi tes diberikan, terlebih dahulu subyek diminta untuk mengisi identitasnya (nomor, nama, jenis kelamin, tgl. lahir, dan tgl. tes), selanjutnya disampaikan instruksi sebagai berikut:
Pada lembaran kertas di hadapan saudara terdapat depalan (8) kotak yang dibatasi garis hitam tebal. Tugas saudara adalah menggambar pada setiap kotak, suatu gambar sesuka hati. Karena kotaknya ada delapan (8), maka gambar saudara jumlahnya delapan pula. Tetapi  ada satu syarat yang perlu saudara perhatikan, yaitu: saudara perhatikan pada setiap kotak terdapat tanda-tanda tertentu (katakan tanda-tanda apa saja yang terdapat pada setiap kotak), dan tanda-tanda dalam kotak tersebut harus merupakan bagian dari gambar-gambar yang saudara buat pada kotak tersebut atau dengan kata lain, umpamanya ada seseorang yang telah mulai menggambar tetapi tidak diselesaikan, maka saudara diminta untuk melanjutkan gambar tersebut karena gambarnya sesuka hati, tentukanlah sendiri dari kotak mana saudara akan mulai menggambar atau sesuai dengan yang saudara sukai.
Langkah selanjutnya, kalau saudara sudah selesai membuat gambar yang pertama pada kotak tertentu, berilah nomor 1 pada gambar tersebut, yaitu diatas atau dibawah kotak itu (diberikan contoh); jangan diberi nomor dalam kotak, nanti gambarnya kotor, dan nomor seterusnya.
Setelah selesai menggambar semua kotak-kotak itu, tuliskan nama gambarnya secara berurutan dari nomor 1 sampai dengan 8. Kemudian dari kedelapan gambar tersebut saudara pilih:
·      Gambar yang paling disukai dan diberi simbol (+)
·      Gambar yang paling tidak disukai dan diberi simbol (-)
·      Gambar yang paling mudah diberi simbol (M)
·      Gambar yang paling sukar diberi simbol (S)
Simbol-simbol tersebut diletakkan di samping nomor gambarnya (berikan contohnya). (Jika tidak ada pertanyaan, maka tes dapat dimulai secara serentak khususnya untuk tes klasikal).
Berkaitan dengan alinea akhir tadi ada juga beberapa psikolog yang memberikan instruksi tersebut pada saat 5 menit menjelang waktu menggambar habis tetapi untuk instruksinya sama (disukai (+), tidak disukai (-), mudah (M), dan sulit (S)).
Untuk waktu apabila tidak ditanyakan oleh testee sebaiknya tidak disebutkan, jadi hanya tester saja yang tahu. Apabila testee sudah siap penghapus sendiri, idealnya agar testee juga diharuskan menuliskan berapa kali dia menghapus.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai