Akibat Kekurangan Vitamin A

Akibat kekurangan vitamin A pada tubuh manusia sangat besar. Menurut Almatsier, (2001) bahwa akibat kekurangan vitamin A, antara lain:
Buta senja
Salah satu tanda awal kekurangan vitamin A adalah buat senja yaitu ketidakmampuan menyesuaikan penglihatan dari cahaya terang ke cahaya samar – samar / senja, seperti bila memasuki kamar gelap dari kamar terang. Konsumsi vitamin A yang tidak cukup menyebabkan simpanan dalam tubuh menipis, sehingga kadar vitamin A darah menurun yang berakibat vitamin A tidak cukup diperoleh retina untuk membenruk pigmen penglihatan rodopsin.
Kemampuan melihat dalam keadaan samar – samar, dihubungkan dengan ujung – ujung saraf (rod dan cone) yang terdapat dalam retina. Cone terutama berperan dalam cahaya siang dan membedakan warna sedangkan rod mengontrol penglihatan pada malam hari.
Perubahan pada mata
Kornea mata terpengaruh secara dini oleh kekurangan vitamin A. kelenjar air mata tidak mampu mengeluarkan air mata sehingga terjadi pengeringan pada selaput yang menutupi kornea. Gejala dalam bentuk ringan dinamakan xerosis konjungtiva, yaitu konjungtiva menjadi kering, bercak Bitot (Bitot’s Spot), yaitu berupa bercak putih keabu – abuan pada konjungtiva. Gejala dalam bentuk sedang dinamakan xerosis kornea, yaitu kornea menjadi kering dan kehilangan kejernihannya. Tahap akhir adalah keratomalasia, di mana menjadi lunak dan bisa pecah yang menyebabkan kebutaan total.
Infeksi
Fungsi kekebalan tubuh menurun pada kekurangan vitamin A, sehingga mudah terserang infeksi. Vitamin A dinamakan juga vitamin antiinfeksi.
Perubahan pada kulit
Kulit menjadi kering dan kasar. Folikel rambut menjadi kasar, mengeras, dan mengalami keratinisasi yang dinaakan hyperkeratosis folikuler. Mula – mula terkena lengan dan paha kemudian dapat menyebar ke seluruh tubuh.
Gangguan pertumbuhan
Kekurangan vitamin A menghambat pertumbuhan sel – sel, termasuk sel – sel tulang. Fungsi sel – sel yang membentuk email gigi terganggu dan terjadi atrofi sel – sel yang membentuk dentin, sehingga gigi mudah rusak.
Keratinisasi sel
Keratinisasi sel – sel rasa pada lidah yang menyebabkan berkurangnya nafsu makan dan anemia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال