Manfaat Vitamin A untuk Ibu Nifas

Manfaat vitamin A untuk ibu nifas sangat penting. Kondisi pemenuhan vitamin A harus sangat diperhatikan terlebih saat seseorang tengah menyusui/masa nifas. Jika kondisi ibu tidak memenuhi standar dan beresiko kekurangan vitamin A maka anaknya secara otomatis akan beresiko kekurangan vitamin A pula. Ibu menyusui membutuhkan vitamin A yang tinggi bagi produksi ASI.
Perlu diketahui bahwa konsentrasi dan jumlah vitamin A yang terkandung dalam ASI sangat tergantung pada status gizi ibu. Jika makanan ibu tidak banyak mengandung vitamin A maka ASI juga akan mengandung sedikit konsentrasi vitamin A. karena itulah pemberian vitamin A pada ibu menyusui/ibu nifas tidak hanya penting bagi ibu tetapi juga untuk anaknya. Tercukupnya vitamin A dalam tubuh ibu akan meningkatkan kualitas ASI.
Program pemberian vitamin A bagi ibu pada masa nifas sangat penting karena vitamin A yang ada dalam tubuh ibu nifas akan menjadi cadangan bagi anak yang baru dilahirkan hingga usia 6 bulan pertama kehidupan yang merupakan masa rawan.
Perlu diketahui, semua anak meski dilahirkan dari ibu yang status gizinya baik dan tinggal di Negara maju sekalipun, terlahir dengan cadangan vitamin A yang terbatas dalam tubuhnya. Vitamin A itu hanya cukup memenuhi kebutuhan hidup selama 2 minggu saja.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال