Fungsi Vitamin A

Fungsi vitamin A sangat penting bagi tubuh manusia. Salah satu fungsi vitamin A yang sangat vital adalah untuk membantu pertumbuhan yang normal pada alat penglihatan seperti mata. Fungsi vitamin A yang lain adalah untuk membantu pertahanan tubuh (kekebalan terhadap penyakit), untuk reproduksi bagi wanita maupun pria dan lain-lain.
Secara jelasnya, fungsi vitamin A adalah sebagai berikut:
Penglihatan
Vitamin A berfungsi dalam penglihatan normal pada cahaya remang. Kebutuhan vitamin A untuk penglihatan dapat dirasakan bila kita dari cahaya terang di luar kemudian memasuki ruangan yang remang – remang cahayanya. Mata membutuhkan waktu untuk dapat melihat.
Diferensiasi Sel
Diferensiasi sel terjadi bila sel – sel mengalamu perubahan dalam sifat atau fungsinya semula. Perubahan sifat dan fungsi sel ini adalah salah satu karakteristik dari kekurangan vitamin A yang dapat terjadi pada setiap tahap perkembangan tubuh. Fungsi vitamin A dalam hal ini adalah mengonrol diferensiasi sel
Fungsi Kekebalan
Vitamin A berpengaruh terhadap fungsi kekebalan tubuh manusia dan hewan. Mekanisme sebenarnya belum diketahui secara pasti. Retinol tampaknya berpengaruh terhadap pertumbuhan dan diferensiasi limfosit B (leukosit yang berperan dalam proses kekebalan humoral). Di samping itu kekurangan vitamin A menurunkan respon antibody yang bergantung pada sel-T (limfosit yang berperan pada kekebalan selular). Sebaliknya infeksi dapat memperburuk kekurangan vitamin A.
Tahun 1983, seorang dokter bernama Sommer melakukan penelitian di Purwakarta, Jawa Barat dan menemukan fakta, anak yang kekurangan vitamin A sangat mudah terserang penyakit. (Esti, 2002)
Pertumbuhan dan Perkembangan
Vitamin A berpengaruh terhadap sintesis protein, dengan demikian terhadap pertumbuhan sel. Vitamin A dibutuhkan untuk perkembangan tulang dan sel epitel yang membentuk email dalam pertumbuhan gigi.
Penelitian yang dilakukan oleh Prof. Tarwoco di Semarang awal tahun 90-an juga membuktikan balita yang kekurangan vitamin A pertumbuhannya kurang, tinggi dan berat badannya di bawah normal.
Reproduksi
Vitamin A berperan dalam pembentukan sperma. Pembentukan sel telur, dan perkembangan janin dalam kandungan. Kebutuhan vitamin A selama hamil meningkat untuk kebutuhan janin dan persiapan menyusui.
Pencegahan Kanker
Kemampuan retinoid mempengaruhi perkembangan sel epitel dan kemampuan meningkatkan aktivitas system kekebalan diduga berpengaruh dalam pencegahan kanker, terutama kanker kulit, tenggorokan, paru – paru, payudara, dan kandung kemih. Di samping itu beta karoten yang bersama vitamin E dan C berperan sebagai antioksidan diduga dapat pula mencegah kanker paru – paru (Almatsier, 2001).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال