Definisi Masa Nifas

Definisi masa nifas adalah masa dimana seorang perempuan melahirkan hingga keadaan rahim kembali normal. Masa nifas (puerperium) adalah masa yang dimulai setelah kelahiran plasenta danberakhir ketika alat – alat kandungan kembali seperti keadaan sebelum hamil. Masa nifas berlangsung selama kira – kira 6 minggu (Saefudin, 2002)
Masa nifas (puerperium) adalah masa dimulai setelah partus selesai dan berakhir setelah 6 minggu. Akan tetapi, seluruh alat genital baru akan pulih kembali seperti sebelum ada kehamilan dalam waktu 3 bulan (Sarwono, 2002).
Ada beberapa pengertian masa nifas, antara lain:
  1. Masa Nifas dimulai beberapa jam sesudah lahirnya plasenta sampai dengan 6 minggu berikutnta (JHPEIGO, 2002).
  2. Masa Nifas tidak kurang dari 10 hari dan tidak lebih dari 8 hari setelah akhir persalinan, dengan pemantauan bidan sesuai kebutuhan ibu dan bayi (Benner dan Brown, 1997).
Dalam bahasa latin, waktu tertentu setelah melahirkan anak ini disebut puerperium, yaitu dari kata puer yang artinya bayi dan parous melahirkan Puerperium berarti masa setelah melahirkan bayi.
Pembagian Periode Masa Nifas
Nifas dibagi dalam 3 periode, yaitu:
  1. Puerperium dini yaitu kepulihan di mana ibu telah diperbolehkan berdiri dan berjalan – jalan. Dalam agama Islam dianggal telah bersih dan boleh bekerja setelah 40 hari.
  2. Puerperium intermedial yaitu kepulihan menyeluruh alat – alat genetalia yang lamanya 6 – 8 minggu.
  3. Remote puerperium yaitu waktu yang diperlukan untuk pulih dan sehat sempurna terutama bila selama hamil atau waktu persalinan mempunyai komplikasi. Waktu untuk sehat sempurna bisa berminggu – minggu, bulanan, atau tahunan (Mochtar, 2002)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال