Tipe Kepribadian Orang di Facebook

Sepanjang pengamatan saya terhadap orang-orang di facebook, dengan melihat aktivitas dan komentar-komentarnya, dapat dilihat tipe kepribadan orang tersebut. 
Dalam kesempatan ini, saya akan memanggil orang-orang yang aktif di facebook dengan sebutan facebooker (biar lebih keren).
1. Tipe Manusia Sosial
Facebooker ini lebih banyak meng-like status facebooker lain, baik itu komentar, foto ataupun hanya status pertemanan. Dia juga aktif mengomentari status orang walau status sendiri tidak pernah di update.
2. Tipe Narsistik
Aktivitas facebooker ini lebih sering mengunggah-ngunggah foto atau mengomentari foto-foto yang ada, baik foto sendiri (narsistik sejati) ataupun foto bersama atau foto orang lain sekalipun.
Komentar-komentarnya tidak lebih seperti ini:
>>”gnteng jg ya ciptaan Allah satu nih….”
>> “hayo, siapa paling cantik dari foto di ats??....”dsb
3. Tipe Melankholis
Biasanya aktivitas facebooker ini lebih banyak curhat di facebook. Isi curhatnya mulai dari hal-hal yang kecil sampai yang besar, kegiatan dari bangun pagi hingga tidur lagi dimalam hari, ataupun sekedar ingin mencurahkan unek-uneknya di facebook, karena didunia nyata susah untuk menyampaikannya, entah karena malu atau karena tidak ada yang mau lagi mendengarkannya.
Isi curhatnya tidak lebih seperti ini:
>> “sakit kepala ni gag ilang, dari hari rabu…lama…mati juga ni…” (ternyata facebookernya takut mati…hahaha)
>>”sgt membsnkn, g’ da yg pst…kpn lah tenangx hdp nih”
4. Tipe manusia tiada detik tanpa facebook (Tipe Ketergantungan)
Isi otak facebooker ini, tiada ada yang lain hanya facebook. Ciri utamanya adalah sering update status, sesuai dgn pepatah Ingrris, where, when and how. Gak tahu malam, sibuk, ataupun tidur sekalipun, mimpi tentang up date facebook. Komennya Memang gak panjang-panjang amat, tapi bikin risih, biar hal-hal yang gak penting di update juga. Pasti ada aja bahan untuk up date status.
Contoh komentarnya:
>> “meskipun pulang naik angkot n jalan kaki, mpe rumah macih tetap semangat!!!...mandi, shalat, makan n….facebook lagi deh..xixixixi” (maaf ya jika nulis ni baca…tidak bermaksud mengejek ya)
5. Tipe Manusia Puitis
Facebooker ini dari tipenya pasti sudah tahu, selalu diisi dengan kata-kata yang menyentuh hati, kata mutiara, walau terkadang gak jelas apa maksudnya…Biasanya bikin terharu, bkin kita sadar atas apa yang akan disampaikannya.
Puisinya contohnya seperti ini:
>> “mencintai dan dicintai adalah seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi”
>> “untuk cahaya yg pernah berpijar dihati…sebuah payung yang berwarna hijau…memberi kesejukan untuk yang berteduh dibawahnya…walau payung itu skrg mulai sedikit memudar”
6. Tipe Manusia Filsuf
Facebooker ini, hampir sama dengan manusia puitis, hanya cara menyampaikannya yang berbeda. Dia lebih banyak pada memberikan saran dan kritiknya secara langsung, tapi maknanya dalam.
Contoh komentarnya seperti ini:
>>“hai coy, hai bro N sister.. lu lu pada sering up date status? Jgn lupa ya, up date juga tilawahnya…”
>>”tetaplah optimis akhi wa ukhti…”
7. Tipe Manusia “Untung”
Tipe facebooker ini, akan mengatakan dalam hatinya “untung ada facebook, kalau gak ada pasti saya kesulitan jualan keliling”. Dia akan menggunakan facebook untuk promosi barang-barang yang akan di jualnya. Statusnya pun tidak jauh berkisar disitu.
Contoh:
>>”solusi untuk orang merokok…KOPI RADIX…karena kopi radix tidak mengandung racun, tetapi mengandung herbal2 efek relaksasi” (hahaha..dasar pedagang)
>>”Ahsan MJ menerima Rental mobil…Hub Ahsan MJ Jl. Bulu Cina, Depan Lapangan Bola Kaki”…(nih jual mobil atau jual lapangan bola kaki?)
8. Tipe Manusia Tukang Ngeluh
Ga pagi, ga siang, ga dikasih ujian, ga dikasih panas, ga dikasih uang, ga dikasih makan, pokoknya semuanya dia keluhkan…
>>”Macet….Panas pula”
>>”Aaaargh ujian lagi, padahal baru nyuci”
9. Tipe Manusia Misteris
Tipe facebooker ini, betul-betul misterius. Ada yang misterius karena namanya, dan ada yang misterius karena komennya yang bikin pusing. Kalau namanya yang misterius, saya pesan jangan di add ya, atau kalau dia minta jadi teman jangan di konfm…dia biasanya nyebar terror…hahaha. (makanya, nulis nama di facebook itu yang benar aja).
Contoh koment orang yang misterius:
>>”Sudahlah”
>>”Tenang…!!!”
>>”Telah berakhir” (udah kiamat kali)
Masih banyak tipe kepribadian lain yang belum di terungkap di facebook….tolong di sambung ya…!!!...

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

10 Komentar

  1. Ada Lagi Bro: Tipe Manusia Sombong

    Mungkin beberapa dari mereka ga berniat menyombongkan diri, tapi terkadang orang yang melihatnya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalo statusnya itu kelewat sombong, dan malah bikin sebel..

    contoh : “Otw ke Paris..!!”, “BMW ku sayang, saatnya kamu mandi..aku mandiin ya sayang..”, dsb.

    BalasHapus
  2. Mahasiswa UIN suska12 Juni 2011 pukul 15.36

    tipe manusia intelektual
    hal ini bukan menunjukkan kualitas atau kuantitas kecerdasan seseorang, melainkan karena isi postingannya seperti penelitian ilmiah. dan manusia ini memiliki kecenderungan tipe manusia "untung".
    contoh postingan / komentnya
    "Tipe Manusia Sosial

    Facebooker ini lebih banyak meng-like status facebooker lain, baik itu komentar, foto ataupun hanya status pertemanan. Dia juga aktif mengomentari status orang walau status sendiri tidak pernah di update.
    Psychologymania: Tipe Kepribadian Orang di Facebook
    www.psychologymania.co.cc"

    selain berkomentar seakan-akan seorang peneliti, ia juga memanfaatkan facebook sebagai promosi laman blognya..hahahah

    BalasHapus
  3. Hahaha...sudah ada 2 tipe manusia tambahan: manusia sombong dan manusia intelektual....
    Masih ada yg mau menambahkan????
    TAMBAHAN:
    Tipe manusia serius: jika bergaul dgn orang tipe ini,saya yakin, akan tegang terus,bahkan akan salah paham jika anda sedikit bergurau. Orang akan salah paham jk dia jahat,tapi pada dasarnya dia orang baik,gak mau lihat anda bercanda terus dalam hidup ini.....
    Contoh komentarnya seperti ini:

    BalasHapus
  4. statusku apaan ? hhe

    BalasHapus
  5. Tipe manusia alay. Ac1kk uD 8154 m43N f@sbux L9

    BalasHapus
  6. kalo aku tipe pendiam, udah 4 bulan ga update status hehehehe

    BalasHapus
  7. tipe yang satu lagi, Promotor : dimana-mana ngelink artikel.... :D

    BalasHapus
  8. Tambah lagi tipe " Penjahat Kelamin "
    Anaknya tiga masih ngaku JOMBLO terus

    BalasHapus
  9. Wah... ahahha menarik jg,.. dari facebook orang-orang bisa diklasifikasikan yah.

    hehehehe, salam kenal.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال