BATAM, KOTA SIBUK SEKALIGUS TEMPAT NYANTAI


Anda belum kenal atau belum pernah dengar nama kota Batam??? Saya yakin nama kota ini tidak asing lagi bagi anda. Kota yang terletak di tengah-tengah Selat Malaka dan berbatasan langsung dengan Negeri Singa (Singapura) dan Negeri Jiran (Malaysia). Dilihat dari letak geografis, keberadaan kota ini sangat strategis, jika dilihat dari lalulintas perekonomian dikawasan Selat Malaka dan laut Cina Selatan.
Tidak heran jika kota ini termasuk kota tersibuk di Indonesia, dan akan terus berkembang sebagai pusat perekonomian dikawasan ini. Apalagi, beberapa tahun lalu pemerintah Pusat mencanangkan kota Batam sebagai segitiga pusat perekonomian dan perdagangan di kawasan Selat Malaka.
Kota ini dikelilingi oleh laut, maklum Batam adalah kota pulau. Jika anda jalan-jalan ke ketengah atau pusat kota ini, yang anda dapatkan adalah berjejeran PT-PT dan pabrik-pabrik yang terbagi dalam beberapa kawasan Industri. Kawasan-kawasan ini, aktivitas sangat sibuk baik siang maupun malam hari. Beberapa perusahaan asing, menempatkan pusat atau cabang industrinya di Indoensia dan mereka lebih memilih kota Batam. Alhasil, Batam berkembang menjadi kota Industri. Tak heran jika arus urbanisasi ke kota ini sangat tinggi.
Sama dengan perkembangan kota-kota lain di Indonesia, yang padat penduduk apalagi kawasan industry, akan selalu berkonotasi dengan kata “sumpek, kotor dan stress”. Berbeda dengan kotam Batam, walau berkembang sebagai kota Industri, kota ini tergolong bersih dan tata kota yang apik. Jadi bisa dipastikan, jika anda ke kota Batam, anda tidak akan merasa sumpek, apalagi stress. Malah sebaliknya, anda akan kerasan tinggal di kota ini, sebagai tempat pelipur lara, pelepas stress.
Kelebihan kota Batam jika di bandingkan dengan kota-kota lain yang ada di Indonesia dapat dilihat sebagai berikut:
1. Batam Sebagai Kota Pulau
Ini adalah keunikan tersendiri yang dimiliki kota Batam. Kota ini adalah kota yang otonom dari bagian Provinsi Kepulauan Riau. Karena daratannya dikelilingi oleh laut, maka aktivitas transportasi hanya lewat laut dan udara. Disini terdapat bandara Udara Internasional Hang Nadim yang cukup sibuk. Pelabuhan-pelabuhan tersebar dibeberapa titik kota Batam yang menghubungkan dengan daerah-daerah lain, misalnya pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Punggur, Pelabuhan dan Penyeberan di Mega Mall (ke Singapura) dan lain-lain. Tak heran jika, beberapa orang mengatakan bahwa, penyelundupan marak di kota batam. Tapi sudah sebulan saya di kota ini, belum pernah menjumpai hal semacam ini.
2. Letak geografis yang strategis
Letak geografis yang sangat menguntungkan di Selat Malaka, dan sangat dekat dengan Negara tetangga (Singapura dan Malaysia). Tak asing jika di kota ini banyak kita jumpai mata uang Dollar Singapura atau Ringgit Malaysia.
Jika anda berkinginan jalan-jalan ke Singapura, saya sarankan untuk singgah di kota ini. Alasannya, selain mengenal kota Batam itu sendiri dengan segala keunikannya, Biaya transportasi dari Batam ke Singapura lebih murah. Jika anda mau naik Kapal penyeberanangan, biayanya hanya sekitar 100 – 200 ribu rupiah.
3. Keindahan Alam yang Alami di Sentuh dengan Unsur-unsur Modernitas
Anda pernah mendengar nama jembatan Barelang??? Ini adalah jembatan yang menghubungkan beberapa pulau di Kota batam. Pemandangan yang indah di setiap pulau, pasti anda akan merasa takjub melihatnya.
Sementara itu, tempat-tempat rekreasi yang dibangun oleh Pemerintah Otorita Batam yang dikembangkan oleh pihak terkait jangan lupa anda kunjungi jika anda ke Batam. Tempat itu misalnya, Okarina, Marina Beach dan lain-lain. Tempat-tempat ini direncanakan sebagai tempat rekreasi yang akan menyaingi tempat rekreasi di negeri Singa.
4. Kemudahan Akses Transportasi, Penginapan Makanan dan Hiburan
Berbekal uang seadanya dan nekat jalan-jalan ke kota ini (Batam), ternyata gak sia-sia. Akses transportasi umum sangat lancar dan murah. Untuk beberapa kawasan, pemerintah otorita Batam menyediakan akses transportasi umum dengan biaya hanya Rp 3.000,00 sekali jalan. Untuk daerah-daerah yang tidak dimasuki transportasi umum anda dapat menyewa taksi dan ojek yang harganya juga relative murah dan bisa nego.
Untuk penginapan tersedia banyak pilihan Mulai hotel berbintang lima sampai penginapan kelas teri. Yang pasti harga, bisa bersaing (umumnya sekitar 100 – 300 ribu rupiah).
Makanan, untuk yang “memasyarakat” sangat murah jika dibandingkan dengan kota-kota yang pernah saya tinggali (Makassar, Surabaya, Samarindah, Jakarta atau Pekanbaru). Sekitar Rp 7.000,00 – Rp 9.000,- untuk setiap menu makanan.
Sarana hiburan lain anda akan dapatkan di pusat-pusat perbelanjaan (di kota Batam Permainan GELPER/Gelanggang Permainan yang kata orang “judi”…dilegalkan di Kota Batam yang ada di beberapa pusat perbelanjaan). Jadi anda yang suka main GELPER silahkan ke Batam, tidak akan dirasia. Tak terhitung berapa jumlah pusat perbelanjaan yang ada disini. Yang pasti dijamin “murah”.
Jika anda suka berpetualang dan jalan-jalan, apalagi berkeinginan mengunjungi Singapura atau Kuala Lumpur, saya sarankan menyempatkan diri singgah di Kota Batam…~~~

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال