Kunjungan Antenatal Care

Kunjungan antenatal care (ANC) sangat penting. Periode prenatal adalah periode persiapan, baik secara fisik, yakni pertumbuhan janin dan adaptasi maternal maupun secara psikologis, yakni antisipasi menjadi orangtua (Bobak, 2005).
Usaha untuk merawat kelahiran adalah dengan melakukan kunjungan prenatal reguler, yang secara ideal dimulai segera setelah ibu pertama kali terlambat menstruasi. Hal ini dilakukan sebagai kesempatan untuk memastikan kesehatan ibu hamil tersebut dan bayinya.
Supervisi kesehatan prenatal memungkinkan diagnosis dan penanganan gangguan maternal, baik yang sebelumnya sudah maupun yang berkembang selama masa hamil. Kunjungan prenatal direncanakan untuk mengikuti pertumbuhan dan perkembangan janin dan untuk mengidentifikasi kelainan yang dapat mengganggu proses persalinan normal (Bobak, 2005).
Kunjungan antenatal care (ANC) adalah kunjungan ibu hamil kebidan atau dokter sedini mungkin semenjak dirinya merasa hamil untuk mendapatkan pelayanan asuhan antenatal.
Pada setiap kunjungan antenatal care (ANC), petugas mengumpulkan dan menganalisis data mengenai kondisi ibu melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik untuk mendapatkan diagnosis kehamilan intrauterine, serta ada tidaknya masalah atau komplikasi (Saifudin, 2002).
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar