Pengertian Perilaku Menyimpang

Pengertian perilaku menyimpang sangat beragam tergantung dari sudut mana kita melihat penyimpangan perilaku tersebut, baik dari segi klinis, hukum, sosial maupun psikologis. Perilaku menyimpang pada dasarnya memiliki banyak pengertian tergantung penyimpangan yang dilakukan dalam hal-hal tertentu. Perbuatan-perbuatan yang melanggar norma dan mengganggu kenyamanan orang lain dan tentunya perilaku yang melanggar hukum adalah merupakan bentuk dari penyimpangan.
Secara umum pengertian perilaku menyimpang adalah tingkah laku yang melanggar atau bertentangan dengan aturan normatif dan pengertian normatif maupun dari harapan-harapan lingkungan sosial yang bersangkutan (Sadli, 1983).
Di dalam kehidupan masyarakat terdapat sistem-sietem nilai maupun norma-norma sosial yang merupakan standar-standar sosial yang dijadikan sebagai ukuran-ukuran apakah suatu perilaku baik dari individu maupun kelompok di dalam masyarakat, terjadi penyimpangan dari realitas sosial yang terwujud. Tingkah laku menyimpang (deviant behavior) merupakan suatu masalah sosial dalam arti kesulitan-kesulitan individual, tingkah laku atau tindakan-tindakan ’abnormal’, salah penampilan dalam peranan sosial, serta anggapan-anggapan mengenai identitas-identitas menyimpang seperti dalam kejahatan, sakit mental, penampilan orangtua yang tidak wajar, dan sebagainya. Penyimpangan tingkah laku seseorang bila mampu mempengaruhi banyak orang merupakan gejala timbulnya masalah sosial, karena masalah ini mengundang perhatian banyak anggota masyarakat di tempat penyimpangan sosial itu terjadi (Nurdin, 1990).
Secara keseluruhan, semua tingkah laku yang menyimpang dari ketentuan yang berlaku dalam masyarakat baik norma agama, etika, peraturan sekolah, keluarga dan lain-lain dapat disebut sebagai perilaku menyimpang (Sarwono, 2000).
Berdasarkan penjelasan diatas maka dipilih pengertian perilaku menyimpang adalah tindakan ataupun tingkah laku seseorang yang menyimpang dari aturan-aturan normatif yang merupakan standar-standar sosial yang dijadikan sebagai ukuran-ukuran apakah suatu perilaku baik dari individu maupun kelompok di dalam masyarakat.
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar