Fungsi Otak Manusia

Otak adalah organ paling vital pada seluruh makhluk hidup, demikian pula manusia. Jika pada sebagian besar binatang, otak berfungsi sebagai sistem koordinasi, keseimbangan, pusat insting, dan kegiatan-kegiatan penting lainnya, pada manusia, otak mempunyai nilai lebih yaitu selain berfungsi seperti otak pada binatang juga berfungsi sebagai alat untuk berpikir, pusat kegiatan intelektual dan pemahaman/insight.
Pada sebagian besar buku yang beredar dan tulisan mengenai fungsi otak di internet, menyatakan bahwa fungsi otak dibagi menjadi otak kiri dan otak kanan. Mereka membagi secara jelas fungsi otak belahan kiri dan otak belahan kanan tersebut. Apakah ini didasarkan pada penelitian ilmiah?
Ternyata tulisan-tulisan pada buku-buku yang banyak beredar dan tulisan yang ada di internet mengenai fungsi otak kiri dan kanan, tidak di dasari oleh penelitian ilmiah yang kuat, bahkan sebagian besar memberikan hasil dengan menduga-duga tanpa bukti ilmiah yang mendasarinya, bahkan terkadang justru melebih-lebihkan perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri tersebut, sehingga seakan-akan fungsi otak kiri dan otak kanan mempunyai fungsi yang berbeda secara jelas.
Pada penelitian neurologi (ilmu tentang otak), memang belum banyak yang di ungkap dari sana, walaupun alat-alat dan teknik-teknik penelitian sudah sangat canggih. Struktur otak memang sangat rumit, apalagi membagi struktur tersebut sesuai fungsinya.
Untuk mengetahui lebih lanjut dan secara mendalam tentang otak, anda bisa membacanya disini…!!!
Pada beberapa penelitian yang ilmiah, memang sudah di dapatkan mengenai bagian-bagian otak tertentu yang mempunyai fungsi yang berbeda. Misalnya:

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال