Fungsi Kelenjar Endokrin

Kelenjar endokrin adalah kumpulan/sejumlah kelenjar yang fungsi utamanya menghasilkan hormon kemudian melepaskan hormon tersebut langsung kedalam aliran daran.
Sedangkan hormon adalah zat kimia yang di lepaskan kedalam darah yang mempengaruhi kegiatan di dalam sel. Hormon merupakan zat kimia yang bersifat kalatalis (pengubah), di mana hormon tidak mengalami perubahan dalam zatnya, jika sedang mengubah komposisi-komposisi dalam sel. Hormon berperan sebagai pembawa pesan untuk mengkoordinasikan sejumlah kegiatan berbagai organ tubuh.
Sebagian besar hormon merupakan protein yang terdiri dari rantai asam amino dengan panjang yang berbeda-beda. Sisanya merupakan steroid, yaitu zat lemak yang merupakan derivat dari kolesterol.
Hormon dalam jumlah yang sangat kecil bisa memicu respon tubuh yang sangat luas.
Hormon terikat kepada reseptor di permukaan sel atau di dalam sel. Ikatan antara hormon dan reseptor akan mempercepat, memperlambat atau merubah fungsi sel. Pada akhirnya hormon mengendalikan fungsi dari organ secara keseluruhan, diataranya:
  • Hormon mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan, perkembangbiakan dan ciri-ciri seksual.
  • Hormon mempengaruhi cara tubuh dalam menggunakan dan menyimpan energy.
  • Hormon juga mengendalikan volume cairan dan kadar air dan garam di dalam darah.
Beberapa jenis hormon hanya mempengaruhi satu atau jenis kinerja organ, tetapi pada hormon lainnya dpat mempengaruhi seluruh kinerja tubuh. Contoh hormon TSH yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa dan hanya mempengaruhi kelenjar tiroid. Sedangkan hormon tiroid dihasilkan oleh kelenjar tiroid, tetapi hormon ini mempengaruhi sel-sel di seluruh tubuh. Insulin dihasilkan oleh sel-sel pulau pankreas dan mempengaruhi metabolisme gula, protein serta lemak di seluruh tubuh.
Sistem fungsi kelenjar endokrin secara keseluruhan mempunyai kinerja yang berbeda-beda, tergantung jenis kelenjar tersebut. Untuk mengetahui fungsi kelenjar endokrin satu-persatu, anda dapat baca disini…!!!
Share on :


Related post:


1 komentar:

Agus salim Hasibuan mengatakan...

Terima kasih ya...

Poskan Komentar