Anatomi Kelenjar Endokrin

Kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang tidak mempunyai saluran atau biasa disebut dengan kelenjar buntu. Lawan dari kelenjar endokrin adalah kelenjar eksokrin. Kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang memiliki saluran khusus, seperti kelenjar keringat. Kelenjar endokrin menyalurkan sekresi hormonnya langsung ke dalam darah. Hormon yang dihasilkan kelenjar endokrin memberikan efeknya ke organ atau jaringan target. Kelenjar endokrin mempunyai pembuluh darah yang bercabang-cabang
Dalam sistem kerjanya, kelenjar endokrin dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Kelenjar endokrin tidak murni yaitu gabungan dari endokrin dan eksokrin. Misalnya pada kelenjar pancreas.
  • Kelenjar endokrin murni, hanya terdiri dari kelenjar endokrin saja. Kelenjar endokrin murni ini meliputi kelenjar hipofisis, tiroid, paratiroid, adrenal.
Susunan Kimiawi Hormon Endokrin
Kelenjar endokrin tersusun dari hormon-hormon yang banyak macamnya. Tetapi, hormon-hormon tersebut dapat di kategorisasi menjadi:
  • Amina --- hormon amina merupakan variasi susunan asam amino tirosin. Kelompok ini meliputi tiroksin dari kelenjar tiroid, epinefrin dan norepinefrin dari medula adrenal.
  • Protein --- hormon ini merupakan rantai asam amino.Insulin dari pankreas, hormon pertumbuhan dari kelenjar hipofisis anterior, kalsitonin dari kelenjar tiroid semuanya merupakan protein.Rantai pendek asam amino disebut peptida. Hormon antidiuretik dan oksitosin yang disintesis oleh hipotalamus, merupakan hormon peptida.
  • Steroid --- kolesterol merupakan prekursor hormon steroid, yang meliputi kortisol dan aldosteron dari korteks adrenal, estrogen dan progesteron dari ovarium, dan testosteron dari testis.
Kelenjar endokrin dalam tubuh manusia terdiri dari beberapa kelenjar diantara kelenjar pituitary (kelenjar pituitari merupakan kelenjar utama), kelenjar epifise, kelenjar timus, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar adrenal, kelenjar pancreas, kelenjar kelamin (kelenjar gonad) dan kelenjar usus serta lambung. Untuk mengetahui kelenjar endokrin secara keseluruhan, anda bisa baca disini…!!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال