Rekomendasi Alat Bantu Dengar yang Bagus untuk Lansia

Rekomendasi alat bantu dengar berikut ini bisa Anda pilih untuk orang tua atau lansia yang mengalami masalah gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran merupakan ketidakmampuan telinga baik satu atau keduanya untuk mendengar. Sehingga penderitanya kesulitan untuk mendengar suara dengan normal.

Telinga adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peran sangat penting. Setiap bagian telinga mulai dari luar, tengah dan dalam memiliki fungsi masing-masing yang saling berkaitan. Akan tetap tugas atau fungsi utamanya yaitu untuk memberikan informasi bumi ke otak agar manusia bisa mendengar suara.

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami perubahan dan penurunan fungsinya, salah satunya yaitu penurunan fungsi pendengaran. Karena itu tidak heran jika banyak lansia yang mengalami penurunan pendengaran. Kondisi tersebut tentunya sangat mengganggu kenyamanan dari lansia yang menderitanya.

Rekomendasi Alat Bantu Dengar untuk Lansia

Gangguan pendengaran sendiri terbagi menjadi empat tipe yang berbeda. Pertama, terdapat gangguan pendengaran konduktif yang terjadi ketika suara tidak bisa melewati telinga luar dan tengah. Sehingga penderitanya akan kesulitan dalam mendengarkan suara yang lirih dan suara nyaring menjadi teredam.

Kedua gangguan sensorineural yang terjadi ketika terdapat kerusakan telinga bagian sehingga membutuhkan alat bantu dengar yang bagus untuk lansia. Ketiga, gangguan pendengaran campuran yaitu kombinasi antara gangguan konduktif dan sensorineural. Penderita akan merasa pendengarannya menjadi lebih buruk.

Terakhir terdapat gangguan pendengara sinnaptopati koklea yang kadang tidak disadari oleh para penderitanya. Untuk mengatasi masalah di atas maka penderitanya bisa menggunakan alat bantu dengar. Dengan alat tersebut maka lansia yang mengalami gangguan pendengaran akan terbantu untuk mendengar suara lebih jelas.

Kini juga sudah tersedia banyak alat bantu pendengaran untuk lansia yang bisa Anda pilih. Setiap alat bantu pendengaran tersebut tentunya menawarkan berbagai kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri. Nah, berikut kami berikan rekomendasi beberapa produk alat bantu dengar yang bagus untuk lansia:

Oticon OPN S Series

Pertama terdapat Opticon OPN S Series yang dirancang untuk penderita gangguan pendengaran agar bisa mendengar lebih jelas. Produk ini tersedia dalam dua model yaitu miniRITE dengan baterai rechargeable dan  model BTE dengan baterai disposable. Produk ini tahan air dan debu serta cocok untuk gangguan pendengaran ringan hingga berat.

Alat Bantu Dengar untuk Lansia Oticon Dynamo Super Power Series

Alat ini membuat otak mendapatkan akses ke spektrum suara yang lengkap serta menangkap banyak detail ucapan. Alat ini bisa digunakan selama 24 jam dalam cuaca apapun. Oticon Dynamo Super Power memiliki fitur free focus and noise management, inium sense feedback shield, kapasitas output suara hingga 143 dB SPL dan fitur lainnya.

Oticon Get

Alat bantu dengar yang bagus untuk lansia selanjutnya yaitu Oticon Get Produk ini memiliki fitur yang mampu meredam kebisingan pada frekuensi tertentu. Kemudian juga mampu memberikan pilihan untuk fokus mendengar suara dari depan dan meredam suara dari belakang. Ada pula empat fitting band untuk mengatur settingan.

Oticon More Series

Oticon More Series menggunakan teknologi BrainHearing yang mampu memberi otak informasi yang lebih banyak untuk memahami suara. Alat bantu dengar yang bagus untuk lansia ini memiliki tiga tingkatan yaitu Oticon More 1 dan 2 untuk kelas premium serta 3 untuk kelas advanced. Semakin tinggi tipe maka suara akan terdengar lebih jelas.

Oticon Ria 2 Series

Rekomendasi selanjutnya yaitu Oticon Ria 2 yang menawarkan program khusus untuk lansia yang kesulitan mendengar. Dengan platform Inium Sense alat ini mampu membuat pengguna mendengarkan suara penting dan bisa disesuaikan dengan preferensi mendengarkan individu. Oticon Ria 2 Series ini juga tahan air dan debu.

Alat Bantu Dengar yang Bagus untuk Lansia Oticon Siya 2

Oticon Siya 2 mampu menangkap dan memperkuat detail suara dengan alami. Alat ini memiliki fitur untuk meredam suara dari samping dan belakang serta bisa menyesuaikan nya dengan kebutuhan pengguna. Menariknya produk ini bisa terhubung dengan Oticon On App sehingga penggunanya bisa mengontrol alat ini melalui ponselnya.

Itulah beberapa rekomendasi alat bantu dengar untuk lansia yang bisa Anda pilih. Dengan alat tersebut tentunya lansia yang menderita gangguan pendengaran akan sangat terbantu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال