Sejarah Tes APM

Tes APM (Advance progressive matrics) merupakan tes kelompok nonverbal yang biasa digunakan untuk pengaturan pendidikan. Tes ini pertama kali dikembangkan di Inggris pada tahun 1936 oleh John C. Raven. Tes APM merupakan salah satu bentuk dari 3 macam test RPM.

Awalnya tes Raven Matriks digunakan untuk rekruitmen tentara dari rakyat sipil karena pada zaman itu banyak rakyat Inggris belum berpendidikan. Oleh sebab ituJhon C. Raven menciptakan Raven Matriks untuk mengukur inteligensi umum dengan berdasar pada teori Sperman yang disebut dengan teori dua faktor, teori ini terdiri dari dua kemampuan mental yaitu inteligensi umum / General Factor (Faktor g) dan kemampuan spesifik / Special Factor (Faktor s). Menurut Spearman kemampuan seseorang bertindak dalam setiap situasi sangat bergantung pada kemampuan umum dan kemampuan khusus.

Tes APM terdiri atas 2 set dan bentuknya non-verbal. Set I disajikan dalam buku tes Set I berisikan 12 butir soal tes. Set II bersikan 36 butir soal tes dalam buku soall tes ke II.

Tes APM dimaksudkan untuk mengungkap kemampuam efisiensi intelektual. Tes APM ini sesungguhnya untuk membedakan secara jelas antara individu-individu yang berkemampuan intelektual lebih dari normal bahkan yang berkemampuan intelektual superior.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال