Penggunaan Tes SPM

Tes SPM (Standard Progressive Matrices) dapat dapat diselenggarakan secara individual maupun kelompok. Tes SPM memuat 60 soal yang di dalamnya terbagi menjadi lima seri yaitu seri A, B, C, D dan E. Setiap seri terdiri dari 12 soal yang berbentuk gambar-gambar. Setiap soal terdiri dari satu gambar besar yang tidak lengkap dan terdapat pilihan jawaban untuk melengkapi gambar tersebut. Dalam penyajian tesnya, set A dan B menyediakan enam gambar kecil sebagai pilihan, sedangkan untuk set C, D, dan E, disediakan delapan pilihan. Penyusunan soal bertingkat dari soal yang mudah ke soal yang sukar (Rahmadani, 2019).

Secara operasional, subjek diberi soal dan diminta memilih jawaban yang paling tepat serta ia dapat menuliskan jawabannya di lembar jawaban khusus yang telah disediakan. Didalam tes SPM terdapat soal seri A nomor 1 dan 2 sebagai contoh soal sehingga dalam pengerjaannya soal seri A nomor 1 dan 2 dikerjakan oleh subjek bersamaan dengan tester saat memberikan instruksi pengerjaan tes SPM. Subjek harus bekerja dengan cepat dan teliti pada saat tes dimulai sampai akhir tes (Kumolohadi & Suseno, 2012).

Pemberian skor dengan memperoleh nilai 1 untuk aitem soal yang dijawab benar dan memberi nilai 0 untuk jawaban yang tidak benar. Soal seri A nomor 1 dan 2 hanya digunakan sebagai contoh dan harus dipastikan benar sehingga secara teoritis range nilai akan bergerak dari 2 sampai dengan 60. Skor total adalah jumlah jawaban benar yang dapat dikerjakan oleh subjek yang kemudian akan diinterpretasikan secara normatif menurut norma penilaian tes SPM.

Menurut Raven, tes SPM sangat memuaskan untuk mengukur kecerdasan dan mempunyai validitas yang cukup meyakinkan. Koefisien korelasi antara tes SPM dengan tes inteligensi yang dibuat oleh Terman dan Merril adalah sebesar 86. Menurut Martin dan Wieschers tes SPM mempunyai korelasi yang tinggi dengan WISC, sedangkan Barrat mengatakan bahwa tes SPM tersebut disamping berkorelasi tinggi dengan WISC, juga berkorelasi tinggi dengan “Columbia Mental Maturity Scala”.

Validitas eksternal dengan menggunakan hasil prestasi belajar di SMP bergerak dari 0,019 sampai dengan 0,519 (Masrun, 1977), sedangkan di SMA koefisien validitasnya sebesar antara 0,097 samoai dengan 0,389 (MAsrun, 1976).

Tes ini sangat cocok digunakan untuk mengukur persepsi seseorang. Dari cara penggunaannya yang menggunakan visual gambar tes ini sangat cocok untuk mengukur persepsi dan kemampuan dalam memahami sebuah figur. Penggunaan tes ini terbilang cukup mudah dilakukan dan dipahami. Pengukura skorpun cukup mudah dilakukan. Hasil tes ini juga netral, tidak dipengaruhi oleh bedaya subek karena tes ini cenderung lebih kepada pengertian dan pemahaman subjek.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال