Penggunaan Tes APM

Tes APM (Advance progressive matrics) terdiri dua set yaitu set I mencakup 12 soal dengan waktu pengerjaan 5 menit dan tes II mencangkup 36 soal dengan waktu pengerjaan 40 menit. Pemberian soal set I kepada testi ditunjukkan dengan maksud untuk menjelaskan prinsip-prinsip kerjanya, dan kemudian dilanjutkan ke set II dimana pengukuran sebenarnya dilakukan. Soal-soal pada set II meliputi persoalanpersoalan yang mampu menjadi alat pengukur pada proses berpikir tinggi secara analitis sehingga APM berguna untuk mendapatkan gambaran tentang laju kecepatan dan keberhasilan belajar yang mungkin dicapai seseorang didalam suatu bidang studi.

Tes APM adalah alat tes pertama Raven, namun kalah popular dengan CPM, SPM. Tes APM digunakan untuk orang-orang yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata.

Tes APM dimaksudkan untuk mengungkap kemampuan efisiensi intelektual. Tes APM ini sesungguhnya untuk membedakan secara jelas antara individu-individu yang berkemampuan intelektual lebih dari normal bahkan yang berkemampuan intelektual superior. Tes APM terdiri atas 2 set dan bentuknya non-verbal. Set I disajikan dalam buku tes Set I berisikan 12 butir soal tes. Set II bersikan 36 butir soal tes dalam buku soall tes ke II.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال