Sejarah Tes CPM

Tes CPM (Colours Progressive Matrices) merupakan salah satu alat tes terbaik untuk mengatur intelegensi umum, dimana CPM dapat mendeskripsikan kemampuan abstrak atau pemahaman non verbal. CPM selain dapat digunakan bagi anak normal dapat pula digunakan bagi anak abnormal atau mental defective. CPM sendiri merupakan alat tes yang dibuat dikarenakan adanya keperluan pengetesan intelegensi pada anak-anak yang tidak dapat menggunakan alat tes Raven sebelumnya yaitu SPM (Standart Progressive Matrices). Hal tersebut menjadikan CPM dapat digunakan pada anak-anak dengan rentang usia 5 (lima) sampai 11 (sebelas tahun) dan orang dewasa namun dengan syarat memiliki tingkat pendidikan yang rendah.

Perbedaan yang mendasar antara SPM dan CPM adalah adanya warna pada alat tes CPM. Tes CPM dapat disajikan secara individual atau klasikal.

CPM dikeluarkan pada tahun 1938 M oleh John C.Raven. merupakan salah satu tes Raven’s Progressive Matrices (sering disebut hanya sebagai Matriks Raven’s) dari 2 tes lainnya, yaitu Standar Progressive Matrices (SPM) dan Advanced Progressive Matrices (APM). Pertama kali digunakan di Britania Raya pada tahun 1938 dalam penelitian mengenai asal usul genetic dan lingkungan dari “kemampuan kognitif”.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال