Tugas Dan Fungsi HRD

HRD adalah sebuah fungsi vital dalam sebuah perusahaan. HRD adalah salah satu dapur dan pusat data, tempat penyimpanan rahasia-rahasia perusahaan dan karyawan dan lain-lain. Begitu pentingnya fungsi HRD di perusahaan, sehingga bagian ini seakan-akan bagian yang paling “ditakuti” biasanya oleh karyawan. Dipanggil oleh HRD, biasanya selalu berkonotasi “hukuman, pertanggungjawaban atas pelanggaran, Surat Peringatan, PHK” dan sebagainya.

Apa saja sih fungsi dan tugas HRD? Agar tidak salah paham mengenai tugas HRD, berikut penjelasan tugas, tanggungjawab dan fungsi serta peran utama HRD disebuah perusahaan.

PUSAT ADMINISTRASI

HRD adalah pusat administrasi karyawan. Mulai dari pembuatan kontrak kerja, filing data, track record karyawan, maupun perizinan. Karena merupakan pusat data administrasi, sehingga sering HRD biasa disebut juga dengan “Personalia”. Tetapi nama personalia sudah kurang popular dikarenakan hanya mengurusi administrasi. Saat ini kegiatan dan tugas utamanya diperluas menjadi pengembangan karyawan, sehingga disebut HRD (Human resource development), atau Bahasa Indonesianya SDM (Sumber Daya Manusia). Bahkan lebih berkembang lagi menjadi Human Capital yang tugasnya lebih banyak lagi

REKRUTMEN KARYAWAN

Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau karyawan yang dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia dari organisasi atau perusahaan. Pada tahap HRD ini perlu menganalisis posisi yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan (job description) dan juga spesifikasi pekerjaan (job spesifikasi). Rekrutmen merupakan sebuah proses pekerjaan, mulai dari perencanaan tenaga kerja, pencarian calon pekerja, seleksi, hingga offering.

SELEKSI

Seleksi merupakan bagian dari rekrutmen karyawan. Tetapi pekerjaan ini lebih spesifik pada pencarian calon potensial yang akan menduduki jabatan tertentu di perusahaan. Definisi Seleksi tenaga kerja adalah suatu proses yang dilakukan untuk menemukan pekerjaan yang tepat dari sekian banyak kandidat. Langkah yang diambil dalam proses seleksi tenaga kerja, yang melihat resume / CV, melakukan seleksi awal berdasarkan CV pelamar, memanggil pelamar untuk tes wawancara, tes calon karyawan dengan tes tertulis, proses wawancara / wawancara kerja, dan proses selanjutnya.

PENGEMBANGAN DAN EVALUASI KARYAWAN

Agar tenaga kerja atau karyawan dapat memberikan kontribusi optimal kepada perusahaan atau organisasi, maka dia harus menguasai tugas pekerjaan dan tanggung jawab. Proses pengembangan dan evaluasi karyawan dilakukan sebagai pembekalan agar tenaga kerja dapat lebih terkontrol dan ahli di bidangnya, serta meningkatkan kinerja yang ada.

PENYEDIAAN KOMPENSASI DAN PERLINDUNGAN KARYAWAN

Kompensasi adalah imbalan atau upah bagi karyawan secara teratur kontribusi organisasi atau perusahaan. Kompensasi harus tepat dan sesuai dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada di lingkungan eksternal untuk menghindari masalah tenaga kerja atau membahayakan organisasi atau perusahaan.

Itulah tugas, peran dan fungsi utama HRD. Dengan ukuran perusahaan yang lebih besar, biasanya fungsi-fungsi ini dibagi kedalam jabatan-jabatan yang spesifik seperti, recruitment, administrasi, Organization Development, Training Center, Hubungan Industrial, HR Legal, Payrol, HRIS, dan lain-lain.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال