Tips Memilih Vendor Psikotes Online

Menyerahkan proses seleksi kandidat calon karyawan ke vendor psikotes memang bukan hal baru lagi. Ada banyak perusahaan-perusahaan besar dan ternama yang menunjuk vendor psikotes sebagai pihak ketiga dalam sistem rekrutmen karyawan. Hal ini dianggap praktis dan membantu proses seleksi berjalan dengan lebih cepat. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar bisa menemukan biro psikotes profesional yang memahami keinginan perusahaan. Di bawah ini telah terangkum tips memilih vendor psikotes untuk perusahaan.

Membicarakan Kebutuhan Perusahaan Secara Detail

Tiap-tiap perusahaan pasti memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dalam menentukan kriteria dan syarat yang harus  dipenuhi oleh kandidat atau calon karyawan. Oleh sebab itu, komunikasikan segala kebutuhan yang diinginkan perusahaan ke vendor psikotes yang akan diajak bekerjasama. Biro psikotes profesional pastinya akan mencari tahu secara detail perihal kebutuhan perusahaan dalam penerimaan SDM yang dilakukan. Hal ini untuk memastikan metode tes yang tepat untuk diberikan kepada para kandidat. Dengan begitu, proses seleksi pun bisa berjalan sesuai harapan dan mampu menjaring calon karyawan yang benar-benar kompeten dan sesuai dengan keinginan perusahaan.

Menentukan Alat Ukur Psikotes yang Dipakai

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah, alat ukur psikotes online apa yang dipakai oleh vendor psikologi tersebut. Perlu Anda tahu, pada penilaian aspek tertentu ternyata vendor-vendor psikologi di luaran sana memiliki alat ukur tes yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan atau menanyakan lebih dulu perihal alat ukur tersebut kepada vendor yang ditunjuk. Jangan sampai karena miss komunikasi di awal justru malah merugikan perusahaan karena kandidat yang tersaring ternyata tidak sesuai dengan kriteria yang diinginkan. 

Pastikan Vendor Memiliki Format Laporan yang Mudah Dipahami

Vendor psikotes yang berpengalaman biasanya mampu menyajikan format laporan yang simpel dan mudah dipahami. Hal ini untuk memudahkan siapa saja yang bertanggungjawab dalam penerimaan laporan agar bisa langsung mengerti dan tidak dibuat bingung oleh format laporan yang diberikan. Secara umum, isi laporan dari vendor berisi tulisan terkait gambaran psikologis secara general, kelebihan calon kandidat, serta kekurangan calon karyawan terpilih yang harus ditingkatkan lagi saat bergabung ke dalam perusahaan.

Cari Tahu Kredibilitas Vendor

Perusahaan mengeluarkan sejumlah dana yang tidak sedikit kepada vendor psikotes dalam proses rekrutmen karyawan. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa asal-asalan dalam memilih perusahaan psikotes yang ditunjuk. Dengan kata lain, sebaiknya lakukan survey terlebih dahulu terkait kredibilitas vendor psikotes yang akan disewa dengan menelusuri testimoni dari perusahaan lain yang pernah menggunakan atau relasi terdekat yang bisa dipercaya. 

Pilih Vendor dengan Visi Misi yang Sama

Pertimbangan lain yang tak kalah penting dan tidak boleh diabaikan adalah perihal visi misi, serta nilai-nilai yang dipegang oleh vendor psikotes yang ditunjuk. Pastikan dulu bahwa berbagai komponen tadi sesuai dengan nilai-nilai yang dimiliki perusahaan Anda. Vendor psikotes yang profesional dan bonafide biasanya juga menyertakan surat perjanjian kerja sama di awal sebagai persyaratan dokumen yang diperlukan perusahaan. Apabila perusahaan dan vendor memiliki visi misi dan pandangan yang selaras, tentunya kerjasama akan berjalan secara harmonis dan tidak ada pertikaian yang tidak diinginkan.

Percayakan proses rekrutmen perusahaan Anda hanya kepada NS Development. NS Development merupakan vendor psikotes online berpengalaman yang menggunakan lebih dari 15 jenis tes dalam proses seleksi calon karyawan. Dengan aplikasi psikotes online, hasil psikotes dapat diketahui secara real time dan bisa diakses baik oleh perusahaan dan kandidat. Kunjungi website resmi NS Development disini untuk mengetahui informasi selengkapnya. 

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال