Tes VAK Online

Tes VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) adalah tes psikologi yang biasa dipakai untuk mengetahui gaya belajar. Teori yang mendukung pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinesthetic) adalah Accelerated Learning, teori otak kanan/kiri; teori otak triune; pilihan modalitas (visual, auditorial dan kinestetik); teori kecerdasan ganda; pendidikan (holistic) menyeluruh; belajar berdasarkan pengalaman; belajar dengan simbol. Pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinesthetic) menganut aliran ilmu kognitif modern yang menyatakan belajar yang paling baik adalah melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indera, dan segenap kedalaman serta keluasan pribadi, menghormati gaya belajar individu lain dengan menyadari bahwa orang belajar dengan cara-cara yang berbeda. Mengkaitkan sesuatu dengan hakikat realitas yang nonlinear, nonmekanis, kreatif dan hidup.

Prinsip Dasar Tes VAK

Dikarenakan pembelajaran VAK (Visual, Auditori, Kinesthetic) sejalan dengan gerakan Accelerated Learning (AL), maka prinsipnya juga sejalan dengan AL yaitu:

  • pembelajaran melibatkan seluruh pikiran dan tubuh
  • pembelajaran berarti berkreasi bukan mengkonsumsi.
  • kerjasama membantu proses pembelajaran
  • pembelajaran berlangsung pada benyak tingkatan secara simultan
  • belajar berasal dari mengerjakan pekerjaan itu sendiri dengan umpan balik.
  • emosi positif sangat membantu pembelajaran.
  • otak-citra menyerap informasi secara langsung dan otomatis.

Karakteristik Tes VAK

Sesuai dengan singkatan dari VAK sendiri yaitu Visual Auditori, Kinesthetic, maka karakteristiknya ada tiga bagian yaitu:

Visual

Belajar dengan mengamati dan menggambarkan. Dalam otak kita terdapat lebih banyak perangkat untuk memproses informasi visual daripada semua indera yang lain. Setiap siswa yang menggunakan visualnya lebih mudah belajar jika dapat melihat apa yang sedang dibicarakan seorang penceramah atau sebuah buku atau program computer. Secara khususnya pembelajar visual yang baik jika mereka dapat melihat contoh dari dunia nyata, diagram, peta gagasan, ikon dan sebagainya ketika belajar.

Auditori

Belajar dengan berbicara dan mendengar. Pikiran kita lebih kuat daripada yang kita sadari, telinga kita terus menerus menangkap dan menyimpan informasi bahkan tanpa kita sadari. Ketika kita membuat suara sendiri dengan berbicara beberapa area penting di otak kita menjadi aktif. Hal ini dapat diartikan dalam pembelajaran siswa hendaknya mengajak siswa membicarakan apa yang sedang mereka pelajari, menerjemahkan pengalaman siswa dengan suara. Mengajak mereka berbicara saat memecahkan masalah, membuat model, mengumpulkan informasi, membuat rencana kerja, menguasai keterampilan, membuat tinjauan pengalaman belajar, atau menciptakan makna-makna pribadi bagi diri mereka sendiri.

Kinestetik

Jika dikaitkan dengan belajar maka dapat diartikan belajar dengan bergerak dan berbuat. Sehingga pembelajaran kinestetik adalah pembelajaran yang memanfaatkan dan melibatkan tubuh (indera peraba, kinestetik, melibatkan fisik dan menggerakkan tubuh sewaktu kegiatan pembelajaran berlangsung).

Tes VAK Online

Saat ini NS. Development (PT. Nirmala Satya Development) telah mengembangkan tes VAK online, untuk mendukung dan mempermudah akses gaya belajar. Tes ini sangat mudah dilaksanakan oleh peserta tes, karena didesign user friendly. Peserta tinggal login (registrasi gratis jika belum memiliki akun), peserta bisa langsung mengikuti tes. Hasil tes VAK online langsung bisa diakses setelah menyelesaikan tes.


Ingin mengetahui gaya belajarnya, Yuuk, ikuti tes VAK disini… !!!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال