Pengertian Mollusca

Mollusca berasal dari Bahasa Latin yaitu molluscus yang berarti lunak. Tetapi sebagian besar mollusca dilindungi oleh cangkang keras yang mengandung kalsium karbonat atau CaCO3 (Neniati, 2006). Mollusca adalah suatu phylum hewan yang tidak bertulang belakang lunak dan bersegmen, memiliki bagian-bagian kepala, kaki dan massa bagian dalam yang dilindungi oleh suatu cangkok, Mollusca memiliki tantakel sebagai alat gerak dan menangkap mangsanya.

Mollusca adalah hewan inveterbrata yang berarti tidak memiliki kerangka, tidak memiliki tulang belakang, memiliki tubuh yang lunak, dan termasuk hewan yang berdarah dingin. Tubuh Mollusca terdiri dari tiga yaitu kepala, mantel, dan kaki otot. Mollusca termasuk hewan hidup secara heterotrof dengan memakan ganggang, udang, ikan atau pun sisa organisme. Mollusca umumnya memiliki kemampuan adaptasi yang cukup baik dan berperan sebagai indikator lingkungan, kebanyakan hidup di daerah perairan dan menempel pada batu atau pada permukaan lain. Pada ekosistem pantai dimana ditemukan subsrat berbatu dan berkerikil yang dapat mendukung kehidupan Mollusca. Jadi pada ekosistem pantai berbatu terdapat subsrat keras untuk penempelan yang menciptakan suatu habitat yang menguntungkan bagi filum Mollusca dan biota laut yang ada disekitarnya.

Selain berinteraksi dengan sesama benthos, benthos juga berinteraksi dengan faktor lingkungan yang ada di sekitar dirinya. Faktor lingkungan yang dimaksud yakni air laut, dasar lautan dan kehidupan lainnya seperti plankton dan nekton. Pada ekosistem pantai dimana ditemukan subsrat berbatu dan berkerikil yang dapat mendukung kehidupan Mollusca. Jadi pada ekosistem pantai berbatu terdapat subsrat keras untuk penempelan yang menciptakan suatu habitat yang menguntungkan bagi filum Mollusca dan biota laut yang ada disekitarnya.

Mollusca dapat hidup pada berbagai substrat, baik substrat berpasir, berbatu dan berlumpur dan Mollusca memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap tempat dan cuaca (Triwiyanto, dkk, 2015). Mollusca memiliki peranan penting bagi lingkungan, Mollusca bagi manusia merupakan sumber makanan bergizi, sebagai obat-obatan dan sebagai bahan dasar industri contohnya seperti pada cangkang Gastropoda dan Bivalvia yang dapat digunakan sebagai kancing baju dan pernakpernik lainnya (Triwiyanto, dkk, 2015).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال