Karakteristik Cumi-cumi

Karakteristik yang dimiliki cumi-cumi adalah adanya kantong tinta yang terletak di atas usus besar. Bila kantung ini dibuka, maka akan mengeluarkan tinta berwarna coklat atau hitam yang diakibatkan oleh pigmen melanin. Cumi-cumi akan mengel-uarkan tintanya melalui siphon untuk menghindari predator (Buchsbaumet.al. 1987).

Berdasarkan pengamatan yang telah di lakukan, dapat di ketahui ciri-ciri dari cumi-cumi (Loligo Sp) yang termasuk dari kelas cephalopoda, yang mana cumi-cumi memiliki ukuran badan dengan panjang 15 cm yang berdiameter 5 cm, untuk siripnya 7 cm, panjang tangan 6 cm, dan panjang tentakel 20 cm. pada cumi-cumi tersebut juga memiliki kepala yang berwarna putih dengan bintikbintik hitam, 2 tentakel yang warnanya putih keunguan dan berfungsi untuk mencari makanan, 8 tangan yang yang berfungsi untuk kemudi pada saat cumicumi bergerak kebelakang, beberapa bintik hisap yang terdapat di permukaan tangan dan kedua tentakel yang berfungsi mengeluarkan racun sebagai pelekat mangsa, 2 mata yang besar, mulut, leher yang pendek, dan juga memiliki 2 sirip yang penting untuk keseimbangan tubuh. (Buchsbaumet.al. 1987).

Ciri-ciri cumi-cumi (Loligo sp.) yaitu memiliki bentuk tubuh yang langsing, sirip terdapat diujung posterior mantel, sekitar mulut terdapat 8 tangan dan 2 tentakel yang dilengkapi dengan alat penghisap (Rudiana dan Pringgenies, 2004). Tubuh cumi-cumi dibedakan atas kepala, leher dan badan. Kepala terdapat mata yang besar dan tidak berkelopak. Mata ini berfungsi sebagai alat untuk melihat. Masih didekat kepala terdapat sifon atau corong berotot yang berfungsi sebagai kemudi. Jika ingin bergerak kebelakang menyempurnakan air kearah depan, sehingga tubuhnya tertolak kebelakang. Sedangkan gerakan maju kedepan menggunakan tentakel dan siripnya (Sarwojo, 2005).

Ciri-ciri dari pengamatan yang di lakukan sesuai dengan yang di paparkan oleh kastawi (2003) dalam bukunya zoology avertebrata bahwa cumi-cumi (Loligo Sp) pada umumnya memiliki panjang 6-70 cm termasuk tangan dan tentakel. Cumi-cumi (Loligo Sp) pada tubuhnya terdiri atas kepala yang terletak di bagian ventral antara tangan dan collar serta memiliki dua mata yang besar, leher pendek, badan berbentuk tabung dengan sirip pada setiap sisinya. Pada kepala terdapat mulut yang di kelilingi oleh empat pasang tangan dan sepasang tentakel.

Cumi-cumi memiliki kelenjar tinta yang terdapat dalam kantung tinta cumi. Kelenjar tinta cumi ini mensekresikan cairan berwarna coklat tua atau hitam. Warna gelap pada tinta cumindisebabkan oleh kandungan melanin yang tinggi. Dalam keadaan bahaya cumi-cumi akan menyemburkan cairan tinta cumi sambal berlari menghindar. Cairan tinta cumi ini dapat membius indera chemoreceptor, yaitu indera penciuman atau rasa sehingga cumi-cumi tidak disenangi oleh predator terutama ikan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال