Habitat Cumi-cumi dan Penyebarannya

Habitat Cumi-cumi (Loligo sp.) biasanya berada pada area tengah kedalaman lautan sehingga sering juga disebut hewan semi pelagis dan demersal, tidak jarang juga ditemukan dipesisir pantai dan terkadang ditemukan juga pada kedalaman hingga 400 meter. Kebiasaan hidupnya adalah bergerombol atau soliter baik pada saat sedang berenang bahkan memasuki waktu istirahat (Pricilia, 2011). Sebagian dari spesies ini juga ada yang mampu hidup diperairan payau. Biasanya bergerak diurnal secara berkelompok mendekati perairan dangkal pada siang hari dan menyebar saat malam tiba.

Cumi-cumi bersifat fototaksis positif (memiliki ketertarikan terhadap cahaya), sehingga dalam menangkap spesies ini sering menggunakan pencahayaan sebagai alat bantu (Roper, et al.,1984). Menurut Roper et al (1984), banyak dari spesies ini melakukan migrasi mengikuti musim tetapi tidak semuanya. Disamping itu banyak juga melakukan hal yang sama dikarenakan adanya perubahan suhu lingkungan biasanya terjadi pada daerah yang mengalami musim beragam terutama daerah subtropis.

Selama musim dingin biasanya spesies ini berada diperairan lepas pantai yang lebih dalam untuk berlindung dan mencari tempat yang nyaman dan kemudian melakukan migrasi mendekati pesisir pantai berdasarkan ukuran besar individu spesies ini dimana cumi yang berukuran besar akan datang pada saat awal musim semi disusul oleh cumi berukuran kecil saat musim panas tiba, dan saat musim gugur tiba secara bersamaan mereka akan kembali mencari perairan yang lebih dalam untuk berlindung.

Keberadaan Cumi-cumi dapat ditemukan hamper disemua lautan didunia, mulai dari pinggiran pantai yang dangkal, lautan dalam hingga bujur Barat Lautan Pasifik dan termasuk juga perairan indonsia. Di Indonesia keberadaan cumi-cumi (Loligo sp.) dapat ditemukan hampir disemua perairan misalnya pada perairan Pantai Barat Sumatera (termasuk Aceh dan Sumatera utara), laut selatan pulau Jawa (Jawa Barat dan Jawa Timur), laut selatan Malaka (Aceh, Sumatera Utara dan Riau), perairan timur Sumatera (Sumatera Selatan dan Lampung), pantai utara Jawa (Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur),perairan Bali, NTB, NTT, lautan bagian selatan dan barat Kalimantan, perairan Sulawesi bagian Selatan Dan Sulawesi bagian tengah, Sebelah selatan Sulawesi, Maluku, hingga wilayah perairan Irian Jaya (Papua).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال