Home » » TEKNIK PENGUJIAN VALIDITAS ITEM

TEKNIK PENGUJIAN VALIDITAS ITEM

Uji Validitas item adalah uji statistik yang digunakan guna menentukan seberapa valid suatu item pertanyaan mengukur variabel yang diteliti.  Validitas item dari suatu tes adalah ketepatan mengukur yang dimiliki oleh sebutir item (yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tes sebagai suatu totalitas), dalam mengukur apa yang seharusnya diukur lewat butir item tersebut.
Sebutir item dapat dikatakan telah memiliki validitas yang tinggi atau dapat dikatakan valid, jika skor-skor pada butir item yang bersangkutan memiliki kesesuaian atau kesejajaran arah dengan skor totalnya, atau dengan bahasa statistiknya, ada korelasi positif yang signifikan antara skor item dengan skor totalnya. Skor total di sini berkedudukan sebagai variabel terikat (dependent variable), sedangkan skor item berkedudukan sebagai variabel bebasnya (independent variable). Dengan demikian, maka untuk sampai pada kesimpulan bahwa item-item yang ingin diketahui validitasnya, yaitu valid ataukah tidak, kita dapat menggunakan teknik korelasi sebagai teknik analisisnya. Sebutir item dapat dinyatakan valid, apabila skor  item yang bersangkutan terbukti mempunyai korelasi positif yang signifikan dengan skor totalnya.
Pada tes obyektif maka hanya ada dua kemungkinan jawaban, yaitu betul dan salah. Setiap butir soal yang dijawab dengan betul umumnya diberi skor 1 (satu), sedangkan untuk setiap jawaban salah diberikan skor 0 (nol). Jenis data seperti ini, yaitu betul-salah, yatidak atau yang sejenis dengan itu, dalam dunia ilmu statistik dikenal dengan nama data diskrit murni atau data dikotomik. Sedangkan skor total yang dimiliki oleh masing-masing individu testee merupakan hasil penjumlahan dari setiap skor yang dimiliki oleh masingmasing butir item merupakan data kontinyu.
Menurut teori yang ada, apabila variable I berupa data diskrit murni atau data dikotomik, sedangkan variable II berupa data kontinu, maka teknik korelasi yang tepat untuk digunakan  dalam mencari korelasi antara variabel I dengan variabel II adalah teknik korelasi point biserial.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2008. PSYCHOLOGYMANIA - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai