Morfologi Tanaman Durian

Morofologi tanaman durian adalah merupakan salah satu tanaman musiman. Durian merupakan pohon tahunan, hijau abadi (pengguguran daun tidak tergantung musim) tetapi pada saat tertentu untuk menumbuhkan daun-daun baru (periode flushing). Durian dapat tumbuh mencapai ketinggian 50 meter. Daun berbentuk lanset, berwarna hijau dengan sentuhan kuning, sisi bawah lebih pucat.
Pohon durian mulai berbuah setelah 4-5 tahun, namun dalam budidaya dapat dipercepat karena menggunakan perbanyakan vegetatif. Daun durian berbentuk pipih melebar dan berwarna hijau. Warna hijau daun di sebabkan oleh kandungan kloroflas di dalam sel-sel disebabkan oleh kandungan klorofil. Durian hanya memiliki satu daun pada tangkainya, sehingga durian disebut memiliki daun tunggal. Daun durian berfungsi sebagai tempat fotosintesis, transppirasi, dan sebagai alat pernapasan (Widya, 2008).
Bunga durian muncul dari kuncup dorman, berkelompok, mekar pada sore hari dan bertahan beberapa hari. Bunganya menyebarkan aroma wangi untuk menarik perhatian kelelawar sebagai penyerbuk utamanya. Buah durian berkembang setelah pembuahan dan memerlukan waktu 4-6 bulan untuk pemasakan. Pada masa pemasakan terjadi persaingan antar buah pada satu kelompok, sehingga hanya satu atau beberapa buah yang akan mencapai kemasakan, sisanya gugur. Pada umumnya berat buah durian Durio zibethinus dapat mencapai 1,5 hingga 5 kg (Suhaeni,2007).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال