Kandungan Buah Durian

Buah durian mengandung beberapa zat. Kandungan buah durian sangat kaya dengan nutrisi. Durian memiliki nama latin (Durio zibethinus Murr), tanaman Durian pada mulanya diperkirakan sebagai tumbuhan liar dan merupakan tanaman yang serbaguna, batang nya bisa jadi bahan bangunan dan kayu bakar, buahnya memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi, aroma buah durian sangat khas dan harum, rasanya sangat enak dan lezat. Watak pohon durian tidak mau mengalah dengan pohon-pohon di sekitarnya, pohon durian memiliki kemampuan mengejar matahari, karena tidak berhenti meninggi, ketinggian pohon durian bisa mencapai 50 meter, mempunyai bunga berbentuk mangkok bermahkota 5 helai, dan mempunyai benang sari berkisar 3-12 buah.
Pada dasar bunga terdapat bakal buah yang berbentuk oval yang terdiri dari 5 kelopak, bagian luarnya berbulu halus, rapat dan berwarna putih perak. Sedangkan buahnya ada yang berbentuk agak bulat, ada juga yang lonjong. Garis tengah tengah buah antara 10-25 cm. Kulit buahnya berduri, ada yang berduri runcing panjang dan rapat, ada pula yang runcing pendek renggang. Jika buah Durian di belah maka di dalamnya terdapat ruang-ruang atau rongga yang jumlahnya rata-rata 5, setiap ruangnya berisi daging buah yang berbiji jumlahnya beragam antara 2-5 buah. Warna daging buah durian bermacam-macam, tergantung jenisnya; ada yang putih, kuning mudah, krem, agak kemerahan, dan beberapa lagi lainnya.
Durian sangat banyak jenisnya, yang cukup popular kira-kira ada 6 jenis, yaitu:
  1. Durian biasa (Durio zibethinus murr). 
  2. Durian Lai (Durio Kutejensis) 
  3. Durian kerantongan (Durio Exlevanus). 
  4. Durian Tabelak (Durio Graveolens). 
  5. Durian Lahong (Durio Duleis). 
  6. Durian Monyet (Durio Grandiflorus).
Dari ke enam Durian itu yang paling banyak di budidayakan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan adalah Durian Biasa (Durio Zibethinus murr). Jenis ini juga menyebar di berbagai wilayah baik di Indonesia maupan luar negeri. (Suhaeni,2007).
Daun dan akar durian digunakan sebagai antipiretik dan daun durian yang dihancurkan dapat juga digunakan untuk pasien yang demam yaitu dengan cara diletakkan di atas dahi. Bagi orang yang mempunyai tekanan darah tinggi dianjurkan agar menghindari buah durian karena dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan kulit durian dapat digunakan sebagi penolak nyamuk (Widarto2007).
Daging buah durian mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Tiap 100 gram daging buah mengandung 65 gram air, 134 energi, 2,5 gram protein, 3 gram lemak, 28 gram karbohidrat, 7,4 mg kalsium, 44 mg fosfor, 1,3 mg besi, 175 mg vitamin A,dan 53 mg vitamin C, selain mempunyai kandungan gizi tinggi daging buah durian juga mengandung kadar alcohol yang tinggi (Suhaeni, 2007).
Kulit durian mengandung minyak atsiri, flavonoid, saponin, unsur selulosa, lignin, serta 11 kandungan pati. Daunnya mengandung saponin, flavonoid dan polifenol, sedangkan akarnya mengandung tannin.
Minyak atsiri merupakan pemberi aroma khas pada buah durian dan merupakan bahan aktif yang tidak disukai dan sangat dihindari oleh serangga termasuk nyamuk, sehingga penggunaan bahan-bahan ini sangat bermanfaat sebagai bahan pengendali nyamuk (Widarto, 2007 ).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال