Manfaat Cabai Rawit

Manfaat cabai rawit banyak digunakan untuk terapi kesehatan. Berbagai hasil penelitian membuktikan bahwa buah cabai dapat membantu menyembuhkan kejang otot, rematik, sakit tenggorokan, dan alergi (Wiryanta, 2002).
Tanaman cabai berasal dari daratan Benua Amerika, tepatnya di Amerika Latin dengan garis lintang 0 - 30o LU dan 0 - 30o LS, mempunyai nama ilmiah Capsicum frutescens, C. penulum, C. baccatum, C. chinense. Karena ukuran buahnya yang kecil, di Indonesia cabai ini dikenal dengan nama cabai rawit (Setiadi, 2000).
 Cabai rawit kadang ditanam orang di pekarangan sebagai tanaman sayur atautumbuh liar di tegalan dan tanah kosong yang telantar, lebih suka tumbuh di daerah kering, serta ditemukan pada ketinggian 0,5 - 1.250 m di atas permukaan laut (Anonimous, 2010).
Cabai rawit rasanya pedas, sifatnya panas, tumbuhan ini berkhasiat tonik stimultan kuat untuk jantung dan aliran darah membantu menghancurkan bekuan darah (antikoagulan), dan meningkatkan nafsu makan. Minyak atsiri capsitol dapat dimanfaatkan sebagai pengganti minyak kayu putih untuk mengurangi/meringankan rasa pegal-pegal, sesak napas, gatal-gatal dan encok karena bersifat analgesik. (Rukmana, 2002).
Kandungan Kimia Cabai Rawit
Cabai rawit mengandung zat capsaicin, minyak atsiri capsitol dan bioflavonoids serta nutrisi (gizi) yang cukup tinggi (Rukmana, 2002). Kapsaikin yang merupakan unsur aktif dan pokok yang berkhasiat terdiri dari empat komponen kapsaikinoid, yaitu dihydrocapsaicin, nordihydrocapsaicin, homocapsaicin, dan homodihydrocapsaicin.
Cabai rawit juga mengandung senyawa ascorbic acid. Menurut Syamsuhidayat dan Hutapea (1991) dikutip oleh Wakhyulianto (2005) bahwa di dalam cabai rawit terkandung senyawa saponin, flavonoida dan tannin.
Data hasil penelitian Tyas Ekowati Prasetyoningsih (1987) yang dikutip oleh Setiawan Dalimartha (2004), menunjukkan bahwa ekstrak cabai rawit dapat menghambat pertumbuhan Candida albicans. Candida albicans adalah spesies dari candida yang menyebabkan infeksi pada membran mukosa mulut (thrush def 1), dan infeksi saluran pernapasan (bronkokandidiasis).

1 Komentar

  1. tenyata manfaat cabe rawi banyak sekli ya,, tapi efeknya ada engak ya ?

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال