Manfaat Bunga Kenanga

Manfaat bunga kenanga bagi kesehatan sangat besar, sebagai alat preventif hewan serangga yang membawa penyakit. Bunga kenanga m engandung saponin, flavonoida, poilifenol dan minyak atsiri (Depkes RI, 2000). Minyak atsiri, yang dikenal dengan nama minyak kenanga, yang mempunyai khasiat dan bau yang khas. Hasil penelitian mereka menunjukkan, ekstrak bunga kenanga memiliki kemampuan menolak nyamuk karena adanya kandungan linalool, geraniol, dan eugenol (Anonim, 2008).
Linalool 
Linalool adalah racun kontak yang meningkatkan aktivitas saraf sensorik pada serangga, lebih-besar menyebabkan stimulasi saraf motor yang menyebabkan kejang dan kelumpuhan beberapa serangga, seperti kutu dewasa. Zat ini dapat ditemukan juga di minyak cengkeh, minyak jeruk (Nurdjannah, 2004).
Eugenol   
Eugenol merupakan cairan tak berwarna atau kuning pucat, bila kena cahaya matahari berubah menjadi coklat kehitaman, dan berbau spesifik. Sumber alaminya dari minyak cengkeh. Terdapat pula pada pala, kulit manis, dan salam. Eugenol sedikit larut dalam air namun mudah larut pada pelarut organik (Nurdjannah, 2004).
Aromanya menyegarkan dan pedas seperti bunga cengkeh kering, sehingga sering menjadi komponen untuk menyegarkan mulut. Komponen eugenol dalam jumlah besar (70-80%) yang mempunyai sifat sebagai stimulan, anestetik lokal, karminatif, antiemetik, antiseptik dan antispasmodik. Sebagai insektisida eugenol pada konsenterasi 10% dapat menyebabkan tidak menghasilkan keturunan. Selain rasanya hangat, juga bersifat antiseptik dan yang paling penting dapat terhindar dari gangguan nyamuk, meskipun mekanisme yang pasti dari proses ini belum diketahui (Kardinan, 2007). 
Geraniol  
Geraniol berupa cairan berwarna kuning pucat, terdapat di minyak mawar, minyak palmarosa, minyak serai.  Kandungan minyak tanaman sereh wangi meliputi geraniol dalam minyak sebesar 44,01%-51% dan citronella sebesar 0.5- 1,3%. Bahan-bahan ini kemungkinan merupakan sisa metabolisme tumbuh- tumbuhan dan digunakan untuk menjalankan peran ganda, seperti menarik serangga atau mengusir serangga. Senyawa-senyawa tersebut diduga mempunyai daya tarik terhadap lalat buah tetapi aplikasi cairan ini ternyata tidak mematikan lalat buah sehingga dalam perangkap masih perlu ditambahkan larutan deterjen (Sudarmo, 1991).
Geraniol dapat mengakibatkan kematian 65% pada larva ulat kubis diduga geraniol diduga bersifat racun lambung, karena pada hari pertama terjadi kontak belum memperlihatkan gejala keracunan, tetapi setelah larva-larva tersebut makan sehingga mengakibatkan gejala keracunan bagi larva tersebut (Thamrin, 2008). 
Khasiat Tumbuhan
Bunga  Cananga odorata (Lam.) Hook.f. & Thomson. Berkhasiat sebagai obat nyeri haid, disamping itu bunganya untuk bahan kosmetik. Untuk obat nyeri haid dipakai 15 gram bunga segar Cananga odorata (Lam.) Hook.f. & Thomson, diseduh dengan 1 gelas air ma tang panas, setelah dingin airnya diminum sekaligus (Depkes RI, 2000).
Hasil penelitian me nunjukkan, ketika mengoleskan ekstrak bunga kenanga pada marmut, maka minyak atsiri yang terkandung dalam ekstrak bunga kenanga meresap ke pori-pori lalu menguap ke udara. Bau ini akan terdeteksi oleh reseptor kimia (chemoreceptor) yang terdapat pada tubuh nyamuk dan menuju ke impuls saraf. Itulah yang kemudian diterjemahkan ke dalam otak sehingga nyamuk akan mengekspresikan untuk menghindar tanpa mengisap darah marmut lagi (Nugraheni, 2009). 
 Ketika panen, dan diangkut dalam mobil atau terlalu lama disimpan dalam ruangan dapat mengakibatkan pening dan mual. Perasaan pening dan mual ini  kemungkinan terhirupnya akumulasi senyawa eugenol, linalool, geraniol yang bersifat menguap. Hal inilah yang menyebabkan nyamuk enggan mendekati tanaman kenanga (Kardinan, 2007).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال