Manfaat Buah Labu Kuning

Manfaat buah labu kuning bagi kesehatan sangat besar.  Labu kuning atau waluh merupakan bahan pangan yang kaya vitamin A, C dan E, mineral, serta karbohidrat. Daging buahnya pun mengandung antioksidan sebagai penangkal berbagai jenis kanker.
Ada lima spesies labu yang umum dikenal, yaitu Cucurbita maxima, Cucurbita ficifolia, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata, dan Cucurbita pipo L (Anonim, 2010).
Buah labu kuning umumnya berbentuk bulat dan berukuran besar. Warna kulit luarnya kuning kecoklatan, sementara daging buahnya berwarna kuning tua dan tebal. Rasanya manis (Wirakusumah, 2010). Mempunyai kulit yang sangat tebal dan keras, sehingga dapat bertindak sebagai penghalang laju respirasi keluarnya air melalui proses penguapan, maupun masuknya udara penyebab proses oksidasi. Hal tersebutlah yang menyebabkan labu kuning relatif awet dibanding buah-buahan lainnya. Daya awet dapat mencapai enam bulan atau lebih, tergantung pada cara penyimpanannya (Anonim, 2010).
Buah labu dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan dan cita rasanya enak. Daunnya berfungsi sebagai sayur dan bijinya dapat dijadikan kuwaci. Air buahnya berguna sebagai penawar racun binatang berbisa, sementara bijinya menjadi obat cacing pita (Anonim, 2009).
Labu juga kaya akan asam lemak baik protein yang di butuhkan kulit dan juga mengandung vitamin E, zinc, dan magnesium yang berfungsi untuk membuat kulit lebih bersinar. Makan labu juga bisa mendorong regenerasi sel kulit dan melawan bakteri penyebab jerawat. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang membantu proses perbaikan kulit. Zinc yang terkandung dalam labu juga bisa sebagai obat bagi mereka yang jerawat (Anonim, 2009). s
Adapun kandungan gizi pada labu kuning dapat dilihat dalam tabel berikut:

Komponen gizi
Jumlah
Komponen gizi
Jumlah
karbohidrat
65 g
protein
1,0 g
Gula
136 g
Vitamin A
361 mg
Serat
0,5 g
betakaroten
310 mcg
Lemak total
0,1 g
Vitamin B1
0,05 mg
Vitamin B2
0,11 mg
Vitamin B3
0,11 mg
Vitamin B5
0,298 mg
Vitamin B6
0,061 mg
Folat
16 mcg
Vitamin E
1,06 mg
Kalsium
21 mg
Zat besi
0,8 mg
Magnesium
12 mg
Fosfor
44 mg
Kalium
340 mg
Natrium
1,0 mg
Seng
0,3 mg


 (Wirakusumah, 2010)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال