Tipe-tipe Vegetarian

Tipe-tipe vegetarian dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkat kekuatannya meninggalkan konsumsi produk hewani. Ada tipe vegetarian yang paling ketat tidak hanya meninggalkan produk hewani, mereka hanya makan bagian tanaman yang dipanen tanpa merusak tanaman pokoknya. Mereka menolak makan kentang atau bayam karena cara memanennya harus mencabut seluruh tanamannya. Bahkan mereka juga tidak mau menggunakan bahan asal hewan dalam bentuk apapun dalam kehidupan sehari-harinya.
Ada pula tipe vegetarian yang paling longgar, mereka masih mengkonsumsi jenis daging tertentu dan meninggalkan daging merah (daging dari hewan mamalia) atau daging yang menurut agama/ kepercayaan harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi. Sehingga kita jangan heran pada saat ada hidangan daging tertentu tidak dikonsumsi mereka lebih memilih makanan dari unsur nabati tapi pada momen yang lain mengkonsumsi daging lainnya.
Pengelompokan tipe vegetarian yang lazim dikenal di masyarakat ada tiga (Yuliarti, 2009), yaitu:
Pesco/pollo Vegetarian (semi vegetarian)
Tipe vegetarian Pesco/pollo (semi vegetarian) adalah kelompok yang masih mengonsumsi produk daging tertentu misalnya daging ayam dan ikan tapi meninggalkan kelompok daging merah.
Lacto-Ovo Vegetarian
Tipe vegetarian lacto-ovo Vegetarian adalah kelompok yang masih mengonsumsi telur dan produk susu dan menghindari segala jenis daging termasuk ikan. Penyebutan kelompok yang mengonsumsi susu tapi tidak mengonsumsi telur disebut lacto vegetarian,sedangkan yang mengonsumsi telur tapi tidak mengonsumsi susu disebut ovo vegetarian.
Vegan
Tipe vegetarian adalah Vegetarian murni yang hanya mengonsumsi biji-bijian, kacang- kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kelompok ini sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani maupun turunannya, termasuk gelatin, keju, yogurt. Mereka juga menghindari madu, royal-jeli dan produk turunan serangga. Bahkan sebagian penganut vegan menghindari penggunaan produk hewani seperti kulit hewan ataupun kosmetik yang mengandung produk hewani.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال