Manfaat Vegetarian

Manfaat vegetarian mungkin hanya sebagian orang yang mengetahuinya. Bahkan ada sebagian orang tidak percaya dan sangsi akan manfaat vetarian bagi kesehatan. Tetapi berdasarkan beberapa penelitian, manfaat vegetarian itu memang sangat besar artinya bagi orang yang betul-betul menjaga kesehatan.
Adapun manfaat menjadi vegetarian menurut Siddhi (2009), adalah sebagai berikut:
Umur panjang (longevity)
Banyak penelitian menunjukan bahwa secara umum, seorang vegetarian bisa hidup 5 sampai 20 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang biasa (non vegetarian). Selain itu mereka memilki kualitas kehidupan yang lebih baik.
Resiko penyakit jantung koroner rendah
Karena rendahnya kandungan lemak dan kolesterol pada makanan vegetarian, resiko penyakit jantung koroner menjadi lebih rendah. Resiko penyakit kematian pada penyakit jantung bagi vegetarian hanya setengah lebih kecil dibanding dengan non vegetarian.
Resiko penyakit kanker berkurang
Menjadi seorang vegetarian menurut British Medical Journal dapat mengurangi 50% - 76% dari semua penyakit kanker. Kematian akibat kanker banyak dihubungkan pada kegemukan dan makanan berlemak tinggi serta berserat rendah pada makanan hewani. Vitamin A dan C juga dapat melindungi dari kanker kolon. Diet makanan yang berlemak rendah bisa melindungi dari kanker prostat dan kanker payudara.
Dapat mencegah penyakit di usus
Makanan yang berserat tinggi akan memperlancar pengolahan makanan dalam sistem pencernaan sehingga mengurangi resiko gangguan pencernaan seperti: kanker usus, ambeien, usus buntu, konstipasi dan lain-lain.
Mengurangi osteoporosis
Konsumsi protein yang rendah dan lebih banyak vitamin D dan kalsium bisa mempertinggi densitas tulang pada vegetarian Sedangkan makanan hewani dapat meningkatkan resiko osteopororsis dan rematik. Konsumsi protein yang tinggi biasanya juga diikuti dengan konsumsi lemak yang tinggi. Konsumsi lemak yang tinggi mempengaruhi adsorpsi kalsium ke dalam tulang sehingga tulang lebih mudah mengalami pengeroposan yang disebut dengan osteoporosis.
Menghindari obesitas
Makanan vegetarian yang rendah lemak dan tinggi serat akan mengurangi resiko obesitas. Dengan demikian resiko penyakit lain juga akan menurun.
Mencegah dan mengurangi Hipertensi
Makanan vegetarian yang kaya dengan kalsium seperti: pisang, seledri, sayur hijau, tempe yang terbukti dapat mengurangi tekanan darah. Penelitian membuktikan tekanan darah orang yang bervegetarian rata rata 110/70mmHg. Bahkan penderita hipertensi mengubah dietnya menjadi vegetarian terbukti dapat menurunkan tekanan darah secara bermakna.
Stamina (endurance)
Sumber yang paling baik untuk stamina adalah makanan yang berkabohidrat. Makanan vegetarian kaya dengan karbohidrat sehingga menyediakan energi yang berlimpah untuk aktivitas sehari-hari.
Masih banyak manfaat vegetarian lainnya yang tidak sempat di ulas disini. Yang jelas bahwa, menjadi seorang vegetarian, berarti memilih pola makan yang sehat sekaligus rama lingkungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال