Lobus Oksipital (Occipital Lobe)

Lobus oksipital adalah salah satu dari empat buah lobus pada otak manusia. Lobus lainnya adalah lobus temporal, lobus frontalis, dan lobus parietalis. Lobus oksipital terletak disebelah posterior lobus parietalis dan diatas fusura parieto-occipital yang memisahkannya dari serebrum.
Anatomis Lobus Oksipital
  • Area 17 adalah korteks visual primer, permukaan medial lobus Oksipitalis sepanjang bibir superior dan inferior sulkus kalkanius.
  • Area 18, 19 adalah asosiasi visual, letaknya sejajar dengan area 17 yang meluas sampai permukaan lateral Lobus Oksipitalis.
  • Bagian lateral terdiri dri girus Oksipitalis lateralisbagian medial Girus Lingualis. Pada bagian basal diantara kurneus dan Girus Lingualis terdapat Fisura Kalkarina.
Fungsi Lobus Oksipital
Secara umum fungsi lobus oksipital adalah sebagai:
  • Diskriminasi visual (asosiasi visual utama) yang menerima informasi yang berasal dari retina mata. Pada lobus oksipital terjadi asosiasi impuls menjadi tanggapan yang berupa kesan melihat bayangan suatu benda.
  • Diskriminasi beberapa aspek memori.
Kerusakan pada lobus oksipital dapat menyebabkan masalah penglihatan seperti kesulitan mengenali objek, ketidakmampuan untuk mengidentifikasi warna, dan kesulitan mengenali kata-kata. Gangguan pada lobus parietalis dan oksipitalis akan ditemukan gejala gejala yang hampir sama, tapi secara umum akan terjadi disorientasi.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال