Cara Menempatkan Artikel, di Urutan Pertama di Search Engine Google

Kesuksesan sebuah blog/website tergantung dari banyaknya pengunjung. Jika sebuah blog ramai, berarti beribu peluang yang menanti, sekaligus sebuah kepuasan batin, apalagi bagi seorang blogger pemula. Bagaimana tidak, sebuah artikel atau konten blog yang ada diurutan pertama, berarti mengalahkan artikel-artikel lainnya, yang biasanya lebih duluan eksis, tetapi kita bisa menggesernya kebawah. Ini menunjukkan bahwa artikel kita memang bermutu dimata search engine google.
Pada tulisan sebelumnya, saya sudah membahas tentang “Tips Agar Artikel Terindeks Cepat di Google di Halaman Pertama”. Kali ini kita akan membahas, bagaimana menempatkan artikel/konten blog di urutan pertama pada halaman pertama search engine, khususnya search engine google. Ini adalah pekerjaan berat, karena semua orang baik blogger pemula apalagi aki-aki blogger berebutan untuk itu. Disamping itu, kita harus berebut dengan konten/artikel yang lebih duluan ada.
Tetapi kita tak perlu khawatir akan persaingan itu. Kata orang bijak “orang yang unggul adalah orang yang lahir dari dari persaingan yang ketat”. Saya alih bahasan kedalam bahasa blogger “konten yang unggul, adalah konten yang eksis di urutan pertama search engine dari jutaan konten lainnya”.
Saya melihat bahwa, search engine google yang sekarang, sangat ketat, tetapi saya rasa adil. Search engine google tidak melihat urutan sebuah artikel/konten blog berdasarkan usianya, tetapi berdasarkan kualitasnya. Semakin berkualitas sebuah konten/artikel blog, maka semakin terbuka kesempatan menempati kursi panas (nomor wahid) di search engine.
Yang menjadi pertanyaan adalah, apa standar kualitas sebuah artikel/konten blog? Kita semua tahu bahwa, yang berkualitas adalah yang terbaik. Artinya, tulisan/artikel kita adalah artikel yang memang bagus, bukan asal buat, atau copy paste. Standar kualitas yang lain adalah, banyak yang suka, artinya banyak yang mengunjungi konten tersebut. Jika sebuah artikel/konten ramai pengunjung, berarti konten tersebut berkualitas. Dengan sendirinya google akan melirik konten/artikel tersebut. Cara untuk mermperbanyak pengunjung pada sebuah artikel, kita bisa mempromosikannya melalui media jejaring sosial seperti facebook maupun twitter, ataupun situs-situs lainnya, yang membuat orang-orang tertarik mengunjungi artikel tersebut.
Sebuah contoh dari pengalaman sendiri adalah, beberapa bulan yang lalu saya menulis konten yang diperuntukkan bagi pencari jurnal-jurnal psikologi. Saya beri judul Jurnal Penelitian Psikologi Terbaru, Bebas Download. Pada awalnya, tidak terbaca oleh search engine google. Lama kelamaan, saya promosikan melalui jejaring sosial, akhirnya terindeks juga di google. Karena semakin banyak orang yang mengunjunginya, hingga kini, artikel tersebut sudah menempati kursi panas (nomor satu) dihalaman pertama google, jika seseorang mengetik kata kunci “jurnal psikologi”. Artinya bahwa, konten ini berhasil menggeser konten/artikel lain yang sebelumnya sudah eksis, ini karena banyaknya pengunjung sehingga search engine google tertarik untuk itu. Sampai saat ini, satu konten/artikel ini bisa mendatangkan pengunjung hingga 500 pageview perhari, untuk satu konten ini saja.
Tetapi perlu digarisbawahi bahwa, persaingan dalam menduduki kursi panas (nomor wahid) di search engine google sangat ketat. Sehingga perlu update konten/artikel agar tetap eksis dikursi panas tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk menempatkan artikel/konten di urutan pertama google, tulisan/artikel harus berkualitas. Ukuran kualitas terdiri dari kualitas konten/tulisan dan banyaknya yang menyukai sehingga mengunjungi konten yang kita tulis tersebut.
Silahkan sobat membuat artikel yang berkualitas, agar bisa menduduki kursi panas search engine google.

16 Komentar

  1. betul gan, artikel ane yg ini urutan ke 3 di google ttg rokok :

    http://www.unikgaul.com/2012/02/cara-mengatasi-kecanduan-rokok.html

    BalasHapus
  2. keren Gan! memicu bikin postingan lebih ori! lagi..
    ada satu dua postingan sy yg rank 1 simbah!
    walaupun pakai blogspot yang gratisan! karena ada alasan tersendiri yang gak sy upgrade blognya.
    keyword sy yang keren adalah> hotel, mall and circuit

    Salam Kenal,
    wasallam.

    BalasHapus
  3. Tulisannya mantab dan bermanfaat sekali bagi pembaca dan blogger pemula seperti saya. Salam kenal om ...

    @rie fabian

    BalasHapus
  4. saya setuju bgt dg konten berkualitas kita bisa mendapat tempat yg lbh baik di Google, kembali... konten adalah raja :)

    BalasHapus
  5. Konten yang berkualitas memang menjadi tuntutan jika ingin menjadi yang pertama di google. semakin lama google semakin memperbaiki sistem indexnya terhadap blog dan web

    BalasHapus
  6. nice info gan..izin praktek

    salam kenal dan budayakan feedback agan. berkunjung dan berkomentar juga ya di blog ane

    BalasHapus
  7. supaya bisa membuat content berkualiatas perlu latihan yang lama dan telaten

    BalasHapus
  8. aduh perlu usaha keras nih, biar duduk dikursi panas^^

    BalasHapus
  9. mantap infonya ....selamat ,Baca juga....

    Daftar Blog Yang Berhasil Berada di Halaman Pertama Google, di

    http://pasangkayuhijau.blogspot.com/2012/03/blog-yang-berhasil-berada-di-halaman.html

    BalasHapus
  10. mesti bnyak latihan juga nih..supaya semakin mantap...
    thanks infonya...:)

    BalasHapus
  11. Saya baru belajar ngeblog, bingung juga mau nulis konten berkualitas?

    BalasHapus
  12. info yang diberikan menarik,saya juga ingin meningkatkan urutan wbsite saya

    BalasHapus
  13. terimakasih atas link nya gan. .semakin mantap aja.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال