Klasifikasi Tes Psikologi

Tes psikologi adalah tes yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek psikologi yang merupakan representative dari tingkah laku. Tes psikologi sangat beragam tergantung dari penggunaannya. Berdasarkan apa yang akan diukur, tes psikologi dapat dibagi kedalam beberapa bagian.

Menurut Cronbach (1976), tes psikologi terdiri dari tes yang mengukur performansi maksimal (maximal performance) dan tes yang mengukur performansi tipikal (typical performance).

Tes yang mengukur performansi maksimal (maximum performance)

Tes ini dirancang untuk mengungkap apa yang dapat dilakukan oleh subjek dan seberapa baik ia dapat melakukannya. Dalam penyajiannya, subjek selalu didorong untuk berusaha sebaik mungkin. Kesiapan, motivasi dan keinginan untuk berusaha di pihak subjek sangat penting artinya adalam mengerjakan tes ini. Karena itu petunjuk pengejaan tes harus dibuat sejelas dan setepat mungkin, Cara pemberian skor pun seringkali harus diberitahukan sebelumnya kepada subjek, demikian pula halnya batas waktu pengerjaan dan semacamnya. Dalam hal ini hanya pendekatan dan strategi pengerjaan soal-soal yang tidak diberitahukan kepada subjek. Yang dapat digolongkan dalam jenis tes ini adalah tes intelegensi, tes kemampuan khusus (misal tes bakat) dan sebagainya.

Tes yang mengukur performansi tipikal (typical performance)

Tes ini disusun untuk mengungkap apa yang cenderung dilakukan oleh subjek dalam situasi-situasi tertentu. Jadi tes ini tidak dimaksudkan untuk mengukur apa yang dapat atau mampu dilakukan oleh subjek, tetapi mengungkap apa yang akan dilakukannya. Biasanya subjek tidak mengetahui apa yang diharapkan darinya. Stimulus dalam pengerjaan tes ini acap kali tidak mempunyai struktur yang jelas sehingga, subjek sulit untuk menebak jawaban yang terbaik yang harus diberikan, dan subjek tidak mengetahui bagaimana jawabannya nanti akan diberikan skor. Yang termasuk dalam jenis tes ini seperti tes inventori minat, inventori kepribadian, dan semacamnya.

1 Komentar

  1. Wah, mantap gan.. info yang sangat bermanfaat..
    salam kenal.. berkunjung juga ke blog ane ya..

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال