PENCEGAHAN PERSALINAN PREMATUR

Pencegahan Persalinan Prematur dapat dilakukan dengan rutin berkonsultasi dengan dokter anda. Prematuritas merupakan masalah multifaktor, tidak ada faktor pasti yang dapat menyebabkan prematuritas, sehingga pencegahan melalui satu atau beberapa faktor mungkin tidak akan berhasil memperbaiki luaran persalinan.
Langkah pertama untuk mencegah persalianan prematur adalah dengan mengurangi faktor risiko yang berhubungan dengan persalinan prematur.  Pencegahan primer dilakukulan dengan mengenal kelompok ibu yang berisiko tinggi mengalami persalinan prematur, dan melakukan intervensi obstetrik untuk mengurangi faktor risiko. Pencegahan dapat dilakukan terhadap faktor karakteristik ibu, faktor lingkungan, faktor risiko, faktor plasenta, faktor maternal, faktor farmakologi dan faktor fetus.
Pencegahan sekunder adalah deteksi dini gejala persalinan prematur dan pengobatan dini ancaman persalinan premature.
Sedangkan pencegahan tersier diberikan untuk memperpanjang waktu persalinan pada ibu yang sudah terdiagnosis persalinan prematur baik dengan istirahat rebah atau dengan pemberian medikasi (Krisnadi, Effendi & Pribadi, 2009, hlm. 141). 
loading...
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar